Membuat Kartu Kuning / Kartu Tanda Pencari Kerja

Tulisan ini saya buat berdasarkan pengalaman pribadi ketika membuat kartu kuning atau kartu tanda pencari kerja untuk keperluan persyaratan CPNS di Kota Samarinda. Yah walau lolos pada seleksi tahap pertama, tapi saya putuskan untuk tidak melanjutkan. Yang jelas, dari pengalaman ini saya bisa berbagi dengan teman semua mengenai bagaimana caranya membuat kartu pencari kerja atau biasa disebut kartu kuning di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

Sebagaimana diketahui semua orang bahwa kartu kuning ini tidak hanya diperlukan untuk persyaratan CPNS saja, tetapi untuk persayaratan seluruh surat lamaran kemanapun tujuannya. Kartu Tanda Pencari Kerja dapat diperoleh di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi kota/kabupaten setempat, yang dalam tulisan ini saya memperolehnya dari Dinkestrans Kota Samarinda. Karena ini adalah pengalaman pertama saya dalam membuat kartu kuning ini, maka mungkin seperti saya dahulu, teman-teman sedang mencari referensi tentang bagaimana cara membuat kartu tanda pencari kerja melalui internet.







Oke, yang perlu dilakukan pertama kali adalah mencari lokasi Dinkestrans Kota/Kabupaten setempat. He.. he.. he.. Aneh ya langkah petamanya, tapi jangan diremehkan karena saya sempat terhambat karena masalah lokasi kantor ini. Masalah yang saya temui adalah ternyata kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi telah pindah lokasi, yang sebelumnya berada di Basuki Rahmat sekarang telah pindah ke daerah Air Hitam atau di jalan Awahab Syahranie. Sudah lama sih pindahnya, tapi baru tau lokasi barunya gara-gara baru perlu sekarang. Kalau tidak salah, katanya kantor itu hanya untuk sementara. Jadi kalau mau ke Dinkestrans update informasi dulu lah, cape mutar-mutar kota apalagi kalau macet.

Langkah berikutnya adalah menyiapkan persyaratan yang diperlukan untuk membuat kartu tanda pencari kerja ini. Persyaratan yang pertama adalah foto. Saat itu kalau tidak salah ingat, saya hanya diminta foto bewarna ukuran 3x4 sebanyak 2 lembar. Maaf lupa pastinya, soalnya hari itu saya juga sekalian membuat SKCK; Surat Keterangan Sehat; Persyaratan CPNS; dll. Persyaratan kedua adalah fotokopi ijasah ijasah sekolah dari pendidikan dasar hingga pendidikan terakhir, plus surat pengalaman kerja dan ijasah kursus kalau ada. Semua surat-surat tersebut tidak perlu dilegalisir, karena nantinya akan dikembalikan kepada kita setelah Kartu Kuning selesai dibuat. Persayaratan terakhir adalah membawa map untuk menaruh semua berkas tersebut. Terserah warna apa mapnya, soalnya nanti dikembalikan juga.

Setelah mengetahui lokasi Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi serta persyaratan telah lengkap, datanglah mengantri dipagi hari. Yah, tau sendirilah kalau lagi musim pasti antrian panjang. Yang pertama kali dilakukan adalah meletakkan map yang berisi persayaratan ke tempat antrian, kemudian tunggulah di ruang tunggu karena nantinya nama anda akan dipanggil. Setelah dipanggil, yang anda lakukan hanyalah duduk didepan petugas yang memanggil dan menjawab semua pertanyaan darinya. Tidak lama setelah petugas tersebut mengisi semua kolom isian di kartu tanda pencari kerja, maka kita akan diminta menyerahkannya kepada petugas disebelahnya untuk di tandatangani dan di stempel. Selesai, yup Kartu Kuning anda telah jadi. Tapi jangan lupa untuk mengambil map yang berisi berkas persyaratan kita tadi, serta yang perlu diingat tidak usah menanyakan berapa biayanya karena GRATIS.

Langkah terakhir adalah membuat foto copy Kartu Tanda Pencari Kerja tersebut sebanyak yang kita perlukan. Tujuannya adalah untuk meminta legalisir di Dinkestrans tersebut. Pada saat itu saya membuat tujuh lembar legalisir. Caranya, hanya cukup kembali ke petugas dimana kita meminta tanda tangan dan stempel kartu kuning yang asli itu. Kalau semua langkah sudah teman-teman lakukan, maka sudah tidak ada lagi yang perlu diurus di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Tapi sebelum pergi ada baiknya perlu melihat lowongan pekerjaan di papan pengumuman. Siapa tau ada yang cocok dengan criteria kita. Happy searching job guys..

148 Komentar untuk "Membuat Kartu Kuning / Kartu Tanda Pencari Kerja"

  1. Kayanya bakal banyak yg ga buat Kartu kuning/ kartu tanda pencari kerja ini. Soalnya tahun ini pendaftaran CPNS ditutup ya! :)

    BalasHapus
  2. Slam dunkin like Shaquille O'Neal, if he wrote ifnormative articles.

    BalasHapus
  3. It's really great that people are sahring this information.

    BalasHapus
  4. sulit gk yah...cara ngurus kartu kuning??pingin punya tpi,,,,,,,,,,,,,,

    BalasHapus
  5. mudah & gratis. Ngurusnya juga cepet, paling 3 menit.
    Yang bikin lama itu antriannya. Jadi pilih waktu yang kira2 sepi antrian.
    sukses ya.

    BalasHapus
  6. Devita Ristantia21 Juli 2012 22.01

    Apakah membuat kartu kuning harus di daerah sesuai KTP??? kalo di tempat domisili apakah bisa ya??? Domisiliku Surabaya, asalku Madiun... Apa aku harus ngurus ke Madiun??? Atau apa bisa ngurus di Surabaya aja???? please reply so on..... I wait your reply....

    BalasHapus
  7. sepertinya bisa sis. soalnya kemarin ada teman bukan asal sini ikut buat kartu kuning ini dan selesai hari itu juga.
    mungkin ada tambahan syarat tapi jadi juga kok.

    BalasHapus
  8. siti sari noviyati22 Juli 2012 07.38

    mau tanya donk... persyaratan utk bikin kartu kuning itu fotonya harus background warna apa yah? soalnya waktu bikin skck harus background merah. terima kasih^^

    BalasHapus
  9. Seingat saya, ngga ada syarat foto harus dengan background tertentu.
    jadi bawa aja yang ada, yg merah juga ngga papa.

    BalasHapus
  10. terimakasih, informasi ini sangat bermanfa'at, tidak semua orang tau kalau kita butuh kartu kuning dan cara membuatnya. semoga kebaikan penulis dibalas tuhan berlipat2. :)

    BalasHapus
  11. amin. trims and moga doanya juga dibales berlipat2 jua. ;)

    BalasHapus
  12. Sekarang udah kerja d mana gan......?

    BalasHapus
  13. ada deh gan.
    Malus: belum bisa dibanggain kerjaannya.

    BalasHapus
  14. makasi banyak infonya. sangat membantu, semoga anda mendapatkan bantuan dikala anda mendapat kesusahan di suatu hari nanti. dan semoga mendapat pahala yg besar karena telah membantu banyak orang. aamiin

    BalasHapus
  15. Senangnya :)
    Kembali kasih. Doa yang baik tentunya kan berbuah manih tuk pengucapnya. Aamiinn.

    BalasHapus
  16. makasih gan ini sangat penting buat calon2 PNS yang pastinya sering pindah2 tempat kerja,. makasih banget infonya ini sangat membatu

    BalasHapus
  17. Maaf gan mau tanya kalo buat kartu kuning di kecamatan atau di kantor depnaker soalnya saya baru lulus

    BalasHapus
  18. ya di disnakertrans dong gan. Kan begitu yang saya jelaskan di tulisan diatas. Ngga baca ya, atau tulisan saya kurang bisa dipahami :)
    trims dah mampir.

    BalasHapus
  19. gan ijasah bener ga harus di legalisir ? dan ijasah dari SD sampai pendidikan akhir di lampirkan ? kalau ijasah kursus nya 3 atau 4 tahun yang lalu di lampirkan juga tidak ?

    BalasHapus
  20. kira2 pertanyaan yg di berikan petugas kepada kita apa aja gan ???

    BalasHapus
  21. ngga gan, saya kemarin ngga perlu dilegalisir. TOh dikembalikan lagi kekita copy ijasahnya.
    Iya, dari SD ampe yg terakhir. Soalnya bakal dicatat satu persatu di kartu kuning itu.
    Sertifikat kursus walau udah lama banget, bisa aja gan dilampirkan.
    Ngga juga ngga papa, kecuali lowongan yg kita incar memang mensyaratkannya.

    BalasHapus
  22. Ngga banyak gan. Paling cuma nanya tinggi badan aja.
    Trus selebihnya ngomentari pendidikan kita.
    Kemarin antara smk dgn jurusan kuliah ane, beda.
    Jadinya ditanya-tanya gitu kenapa beda.

    BalasHapus
  23. kira2 test yang di berikan kepada kita di disnaker apa aja don...??????

    BalasHapus
  24. Ngga ada tes-tesan.
    cuma ditanya tinggi badan, trus paling ngobrol biasa ttg pendidikan kita.

    BalasHapus
  25. Pertanyaan gua cukup bnyk 'n bikin pusing neh(kyak paparazzi gitu dehh...): apa sih keuntungan dari membuat kartu kuning? Dari penjelasan diatas kan ktanya untuk yg ingin melamar jadi CPNS selain BUMN apa bisa untuk perusahaan swasta?? Itu aja sih, sekian dan terima kasih...

    BalasHapus
  26. keuntungan bagi kita si pelamar kerja
    1. status belum bekerja diakui.
    2. ijasah/ijasah kita juga diakui.
    3. bisa mendapatkan perlindungan dari dinakertrans
    tentu saja bisa untuk perusahaan swasta.
    banyak kok yg mensyaratkan melampirkan kartu kuning ketika menyampaikan lamaran kerja.
    moga dimengerti ya. trims.

    BalasHapus
  27. gan mau tanya ,saya kan tahun ini 2015 baru mau kelulusan pendidikan SMK ,niatnya mau nyari kerja aja langsung ke PT ,tapi saya belum punya ijazah terakhir yaitu SMK ,karena lowongan PT banyak nya bulan-bulan skrg ini ,apakah harus membuat kartu kuning atau itu hanya untuk yg ingin menjadi PNS?

    BalasHapus
  28. kebanyakan perusahaan sekarang, mencari pekerja dengan ijasah minimal setingkat sma.
    kl belum punya ijasah, mungkin bisa meminta surat keterangan lulus dulu di sekolah.
    Kartu kuning tidak hanya untuk CPNS saja, perusahaan swasta juga sering memintanya.
    Jadi perhatikan saja lowongan yang ada, apakah perusahaan tersebut meminta surat pencari kerja ini.

    BalasHapus
  29. Aku baru tahu kalau ternyata kartu kuning masih digunakan hingga saat ini. Heemm

    BalasHapus
  30. Mau tanya ni, kan ijazah terakhir blm keluar (smk) tapi saya udh mau krja. Lalu yg dilampirin apa ya gan? Kalau hanya transkip nilai SMK apa bsa ?

    BalasHapus
  31. Pake surat keterangan lulus bisa kok

    BalasHapus
  32. wahh, masa sie gratis bikin kartu kuning??? Tahun lalu saya bikin bayar lohh buat legalisirnya... Di bekasi kota

    BalasHapus
  33. iya gratis, apalagi sekedar legalisir.
    kecuali fotocopinya yah, bayar di tukang fotokopi.
    itupun fotokopi diluar kantor.

    BalasHapus
  34. Permisi gan.. saya mau buat Kartu Kuning .. tapi ktp saya masih ktp Kabupaten sedangkan saya sekarang tinggal di Kota Samarinda.. apa bisa saya membuat Kartu Kuning di Samarinda aja atau saya hrus ngurus di Kabupaten .. please info nya gan .. makasiih...

    BalasHapus
  35. Karena renita sudah tinggal di samarinda, maka harus melampirkan surat keterangan domisili dari kelurahan/kecamatan tempat tinggal sekarang. Jangan lupa bawa fotokopi ktp dan syarat lainnya, krn kl yg ktpnya samarinda fotokopi tidak diambil maka sebaliknya yg dari luar daerah akan diambil fotokopinya.

    BalasHapus
  36. permisi, mau tanya.. saya ingin mencari pekerjaan ke depnaker, saya berencana pergi ke batam melalui depnaker. apa saja hal-hal yg saya perlukan utk melamar kerja melalui depnaker? terima kasih

    BalasHapus
  37. Boleh naya?
    Kalau mau buat kartu kuning tapi saya dari magelang,terus buatnya di bekasi bisa nggak ya??

    BalasHapus
  38. kalau domisilinya sudah dibekasi saya kira bisa saja.

    BalasHapus
  39. yang jelas dari depnaker mensyaratkan pembuatan kartu kuning,
    dimana untuk membuatnya harus ada ijasah; ktp; dan surat/sertifikat lulus pendidikan informal/kursus/pelatihan.

    BalasHapus
  40. permisi, klo udh bekerja msh bisa buat kartu kuning kan ya? saya udh kerja tp statusnya msh part time gt, makanya mau nyri pekerjaan yg full time

    BalasHapus
  41. terus klo pas ditanya sm petugasnya, baiknya bilang udh kerja atau blm kerja ya gan? soalnya saya udh kerja tp statusnya msh part time

    BalasHapus
  42. Bisa, kartu kuning kan tujuannya memang untuk mencari kerja. Tak peduli sudah atau belum kerja.

    BalasHapus
  43. Jujur lebih baik, apalagi alasannya bagus pasti diterima.

    BalasHapus
  44. kiki dayanti5 Mei 2016 00.27

    mas dony, saya belum pengumuman tetapi saya sudah buat kartu kuning buat syarat melamar, nah kebetulann saya tidak diterima, saya bingung nanti lulusan terakhir saya tertera smp, apa itu berpengaruh buat mencari kerja ?

    BalasHapus
  45. Kl sudah membuat kartu kuning dan tertera pendidikan terakhir SMP, sedangkan Anda ingin bekerja dengan ijasah terbaru (SMA misalnya), maka kartu kuning tersebut bisa minta di-update ke Disnaker. Sedangkan pengaruhnya di tempat penyedia lowongan kerja, kebanyakan tidak berpengaruh asal melampirkan ijasah terbaru tersebut.

    BalasHapus
  46. Kira-kira kalo di disnaker bekasi bayar administrasi nya ga yah? Soalnya saya belom pernah bikin. Tapi persyaratan sudah saya persiapkan karna liat di web dulu. B

    BalasHapus
  47. seharusnya sih gratis.
    mungkin ada pembaca dari bekasi yang mau berbagi pengalaman?

    BalasHapus
  48. Alif aliansyah24 Mei 2016 23.51

    Gini mas saya kan udh buat kartu kuning tp yg smp sedangkan saya sudah lulus sma tahun ini , kan persyaratannya harus pake ijasah Terakhir sedangkan ijazah sma belum keluar , soalnya besok d pake buat ngelamar di alfamart , minta solusinya dong ?

    BalasHapus
  49. Kl tidak punya waktu untuk memperbaharui surat kuning ke Disnaker, ya skrg tinggal komunikasinya dgn Alfamart. Anda bisa tulis di lamaran ttg situasi skrg dan lampirkan surat keterangan lulus.

    BalasHapus
  50. apabisa buatnya dikantor kecamatan ???

    BalasHapus
  51. Pada beberapa daerah ada peraturan walikota/bupati yg menyatakan bahwa tiap kecamatan dapat membantu Disnaker untuk pembuatan kartu kuning. Jd silahkan sj coba di kecamatan masing-masing apakah sudah bisa dilakukan hal tersebut.

    BalasHapus
  52. mau tnya...sy mau bikin kartu kuning di tangerang selatan tpi ktp sy masih ktp palembang...itu bisa ga ?

    BalasHapus
  53. Lebih baik gunakan surat keterangan domisili bila tidak memungkinkanemakai ktp.

    BalasHapus
  54. maaf mau tanya, kalau saya mahasiswa provinsi riau tapi KTPnya provinsi kepulauan riau, apa bisa membuat kartu kuning di provinsi riau?

    BalasHapus
  55. bro ane dari madiun juga mau tanya.. itu fotocopy ato pake legalisir buat fc ijazah na. matur thankyu bro

    BalasHapus
  56. klw sdh dapat kerja apa harus melapor ke disnaker??.trus klw tidak apa tidak papa?....

    BalasHapus
  57. Bila kita bisa menunjukkan bukti domisili sekarang, sy rasa bisa. Yg jelas nanti kerjanya juga di propinsi Riau.

    BalasHapus
  58. Fotokopi doang tanpa legalisir, itupun dikembalikan.

    BalasHapus
  59. Seharusnya melapor, tapi ya gitu kl sudah enak ngga ingat dulunya gimana.

    BalasHapus
  60. Minta donk alamat lengkap kantor disnakertrans kota samarinda

    BalasHapus
  61. Mau tanya, usia minimal pembuatan kartu kuning berapa ya?

    BalasHapus
  62. dulu saya ngurusnya di jalan awahab syachranie.
    sekarang sepertinya kantornya telah kembali ke:
    Jl. Basuki Rahmat No. 78 Samarinda
    Telp: (0541) 743595
    Fax: (0541) 743595

    BalasHapus
  63. Usia seseorang dapat bekerja secara umum adalah 18 tahun.
    Dibawah umur tersebut, seorang pekerja anak-anak harus memenuhi kriteria tertentu.

    BalasHapus
  64. Maaf mas kan tadi mas nyebutin fc ijazah nya aja tnpa legalisir ga pp, tapi aku liat d papan pengumuman nya "fc ijazah dg legalisir basah"apa itu ada tolaeransi nya ga ya klo ga ada legalisir mslah nya jauh klo cuma mau mnta legalisir??? a

    BalasHapus
  65. Mau nanya nih, saya kn aslinya dr kabupaten, sekarang tinggal dikota, ktp n kk kabupaten semua, dikota cma merantau mau cr krja, bisa gk ya bikin surat kuningny di disnakertrans kota, atau hrus bkin di kabupaten?

    BalasHapus
  66. Klo bikin kartu kuning ap gc bisa ktp kampung/ e ktp gan??

    BalasHapus
  67. Iya benar, tapi kenyataannya kemarin bisa. MUngkin kalau sekolah/universitasnya luar daerah baru harus.

    BalasHapus
  68. kalau bikin surat kuning harus sesuai dengan tempat menyari kerjanya.
    jadi kalau mau buat, silahkan buat surat domisili sebagai lampiran ktpnya.

    BalasHapus
  69. Bisa, tapi lampiri surat domisili tempat tinggal sekarang yang sesuai dengan tempat kerjanya.

    BalasHapus
  70. Bikin kartu kuning apalagi harus pakai surat pengantar dari RT/RW ?

    BalasHapus
  71. ngga pake surat pengantar RT/RW.

    BalasHapus
  72. kalo nanti bikin kartu kuning adapertanyaan ngak dari petugasnya?

    BalasHapus
  73. mas mau tanya, aku tinggal dibekasi. apa pengaruuh nya buat kartu kunung di kota bekasi sm buat kartu kuning di kabupaten bekasi?

    soalnya aku sempet searching ada disnaker yg kota bekasi lebih deketlah dr rumah.

    BalasHapus
  74. Saya pernah bikin kartu kuning tahun 2010 dan sekarang saya mau perpanjang. Jd sudah 6th yg lalu. Masih banyak perpanjang GA? Cz saya mau melamar pekerjaan lg.

    BalasHapus
  75. Pengalaman saya sih tidak ada.
    Paling dikomentari kenapa kuliah ini/itu.

    BalasHapus
  76. Secara administrasi berpengaruh,
    jadi sebaiknya buatlah kartu kuning sesuai domisili.

    BalasHapus
  77. pada kartu kuning tersebut ada batas waktu untuk pelaporan,
    bila melewati tanggal tersebut apalagi hingga 6 bulan kemungkinan akan diminta buat baru

    BalasHapus
  78. Rizky Ardiansah Effendy17 Januari 2017 21.46

    Mas.mau tanya nih.kalo bikin kartu kuning atau Kartu tanda pencari kerja cm pny fc ijazah nya tp blm keluar ijazah legalisir asli nya.apa bisa mas??

    BalasHapus
  79. Apa bisa bikin kartu kuning di kecamatan....
    Kmren q browaing per 2014 bisa bikin di kcmatan. G harus ke disnaker... apakh bner

    BalasHapus
  80. kalau dalam kota saja, bisa.
    Kecuali ada kebijakan baru dari disnakernya.

    BalasHapus
  81. belum nyoba, ntar kalau bisa. testi disini ya :)
    terimakasih.

    BalasHapus
  82. Mau nanya saya kan mau nyari kerjaan di jakarta sedangkan saya tinggal di daerah tangerang selatan apa bisa bikin krtu kuning di disnaker di jakarta

    BalasHapus
  83. kartu kuning harus dibuat di domisili yang bersankutan,
    jadi harus dibuat ditanggerang selatan.

    BalasHapus
  84. Saya mau nanya,klau buat surat kuning hrs pake ijasah dari SD smpe akhirny

    BalasHapus
  85. Yusuf Rosikh Kuncoro9 Mei 2017 16.08

    Kalo beda daerah bisa gak gan? Saya ktpnya Brebes tapi saya di Tangerang.

    BalasHapus
  86. ya, betul sekali. Dari SD hingga pendidikan terakhir.

    BalasHapus
  87. silahkan buat kartu kuningnya di brebes.
    kecuali ada niat ubah ktp ke tanggerang.

    BalasHapus
  88. Berta Trisnawati15 Juni 2017 14.27

    Assalamu'alikum
    Mf,mau tanya disnaker wonogiri cuti lebaran tgl berapa y..? Ini soal'y saya mau buat krtu kuning,kra2 tgl 23. Juni 2017 sdah lbur apa blum ??
    Terimakasih

    BalasHapus
  89. Bisa kah pengurusan krtu kuning diwakilkan? Atau wajib yg bersangkutan?

    BalasHapus
  90. Mas saya ijazah sd dan smp nya terbakar. Boleh gak ya gan?

    BalasHapus
  91. wajib yang bersangkutan, sebab nanti ada sedikit proses wawancara/ verifikasi.

    BalasHapus
  92. nice info. fyi ditempat saya tidak pake sidik jari, yg pake sidik jari hanya SKCK. untuk kartu kuning urus harus sesuai daerah asal dan bisa di wakilkan, asal syarat lengkap.
    saya urus di Kab Paser, Kalimantan Timur.

    BalasHapus
  93. Mas mau tanya nie saya kan sekarang di bekasi kota...sedangkan ktp saya ktp lampung ...bisa ga saya buat kartu kuning di bekasi ...kalo seumpama saya minta surat domisili ke kelurahan di bekasi

    BalasHapus
  94. Apakah membuat kartu kuning bisa d buat dmna saja ga, saya ktpny d bandung, tp saya mau niat membuat kartu kuningnya d garut gan

    BalasHapus
  95. Mau tanya nih gan, kalo bikin kartu kuning pake pengantar RT/RW ga ya gan? Apa persyaratannya cuma itu aja?

    BalasHapus
  96. bisa menggunakan surat domisili

    BalasHapus
  97. tergantung tempat menetapnya dimana, bila domisili sekarang digarut silahkan minta surat keterangan domisili untuk persyaratan.

    BalasHapus
  98. kalau menurut pengalaman saya itu tidak perlu pengantar rt/tw gan.

    BalasHapus
  99. apakah ijasah harus dari sd sampai pendidikan terakhir ?
    karna saya orang Tegal dan domisili dibekasi ijasah sd sama smp ada didaerah asal. apa tetep bisa hati kartu kuning di bekasi ?

    BalasHapus
  100. Berdasarkan pengalaman, memang begitu. Semua informasi pendidikan harus dikonfirmasi mereka.
    kalau punya surat domisili, sepertinya bisa untuk dapat di bekasi.

    BalasHapus
  101. Mau tanya gan kl buat kartu kuning dr depnaker kl pakek ijasah smp bisa gak? Soal e ijasah smk blm di ambil cuma ada skhun tolong di jawsb min. Mksh

    BalasHapus
  102. bisa saja pake ijasah smp, tapi yang dicatat ya cuma ijasah itu. yang smk ngga akan dicatat dalam kartu kuningnya kl ngga ada ijasahnya.

    BalasHapus
  103. Nanya gan...kalo umur saya 18 thun kurang 2 bulan sudah bisa buat kartu kuning belum

    BalasHapus
  104. sebaiknya tunggu hingga pas 18 tahun, kemudian silahkan datang ke disnaker setempat untuk mengurusnya.

    BalasHapus
  105. Mas saya mau tanya, kan ijazah smk saya belum turun. Itu gimana ya mas? Apakah bisa diganti menggunakan fotocopy buku rapot?

    BalasHapus
  106. Kalo ijasah smk saya belum keluar gmn? Apa harus mnta surat keterangan lulus dari sekolah? Saya sangat perlu

    BalasHapus
  107. untuk mengetahui seseorang telah lulus pendidikan, melihatnya dari ijazah.
    Jadi wajib ijazah yang diperlihatkan.

    BalasHapus
  108. Sepertinya bisa, silahkan dicoba.
    Yang penting surat tersebut secara tegas menyebutkan identitas, waktu dan pernyataan lulus.

    BalasHapus
  109. Winda Amelia4 Mei 2018 22.39

    Maaf yaa mas, kalau ijazah belum turun, buat kartu kuning pake skl boleh?

    BalasHapus
  110. Steven sipaloma18 Mei 2018 01.22

    Apa ijasah perlu dilegalisir semua mas dr sd sampe sma

    BalasHapus
  111. yang terakhir saja, karena yang institusi pendidikan terakhir sudah minta legalisir pendidikan sebelumnya dan seterusnya.

    BalasHapus
  112. sepertinya belum boleh, soalnya perlu no ijasahnya.

    BalasHapus
  113. Bisa kmren sya malah buatnya bru pke selebaran nama2 wisudawan aja

    BalasHapus
  114. trims upi.
    semoga dipermudah terus urusan kita.

    BalasHapus
  115. Bikin kartu kuning di kelurahan atau kecamatan bisa ga?

    BalasHapus
  116. Kalau ijasah nya SMA nya belum turun tpi pakek skhu atau surat keterangan lulus bisa pa nggak pak??

    BalasHapus
  117. Kalo 18 tahunnya kurang 2 bulan bisa ngga yah bang?

    BalasHapus
  118. Aris Setyawan31 Juli 2018 09.13

    Jika bikin kartu kuning di semarang abis itu dibawa ke kalimantan buat cari kerja, apakah kartu kuning itu berlaku buat persyaratan kerja kah?

    BalasHapus
  119. Belum pernah coba, tapi mungkin bisa.

    BalasHapus
  120. untuk beberapa daerah, bisa dikecamatan.
    Jadi silahkan tanya di kecamatan anda sudah bisa atau belum.

    BalasHapus
  121. syaratnya harus 18 tahun atau lebih, kurang seharusnya sih ngga bisa walau 2 bulan.

    BalasHapus
  122. kartu kuning harus berdasarkan wilayah tempat mencari kerja.

    BalasHapus
  123. harus pake surat pengantar RT / RW tidak ka..?

    BalasHapus
  124. Bisa ngga kartu kuning dibuat di luar domisili kita?

    BalasHapus
  125. apakah harus ikut pelatihan dulu sebelum mendapatkan kartu kuning?
    terimakasih

    BalasHapus
  126. Buatnya apa harus sesuai kota kelahiran?? Misalnya lahirnya di tegal buatnya juga harus ditegal??

    BalasHapus
  127. Untuk pembuatan kartu kuning, sesuai dengan tempat kota yang akan di cari tempat kerjanya.
    Kalau cari kerja di tegal, ya ditegal buat kartu kuningnya.

    BalasHapus
  128. tidak harus.
    tapi kalau pernah ikut pelatihan, baiknya di lampirkan saat pembuatan.
    agar tercantum dalam keahlian kita di kartu kuning yg dibuat.

    BalasHapus
  129. bisa.
    tergantung dimana tempat cari kerjanya.

    BalasHapus
  130. Emng legalisir fotocopy kartu kuning gak bisa dikecamatan ya ka?saya buat karty kuning dikecamatan pas saya minta legalisir suruh ke Disnaker kab::(

    BalasHapus
  131. maaf, belum pernah legalisir dikecamatan.

    BalasHapus
  132. Bang kalau sekarang buat kartu kuning dimana ya, maksudnya lokasi Disnaker nya di Basuki Rahmat atau di aws ???

    BalasHapus
  133. sudah pindah dari jalan aws, sekarang di :

    Jl. Basuki Rahmat No.78, Pelabuhan, Samarinda Kota, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75112

    BalasHapus
  134. Min mau nanya kalo ijasah blm keluar trus pengumumuman lulusnya juga belum apa kah bisa hanya dengan membuat surat keterangan telah mengikutu un sma dari sekolah.... Trimakasih min

    BalasHapus
  135. Siti Nurjanah20 April 2019 05.38

    Mau nanya kalo bikin kartu kuning lewat calo apa akan sama keasliannya?

    BalasHapus
  136. Rivaldi Yud K Saputra9 Mei 2019 19.58

    Mas saya mau tanya ijasah sd,smp ada tapi ijasah terakhi smk belum ada apakah bisa membuat kartu kuning mas

    BalasHapus
  137. Kresna Widhanto23 Mei 2019 13.13

    Gan saya mau tanya saya mau buat kartu kuning tp ijasah smk belum turun, trs klo pake surat keterangan lulus bisa atau tidak? Mohon dijawab ya gan terimakasih­čÖĆ

    BalasHapus
  138. Setau saya masih belum bisa.
    Harus ijasah asli yang ditunjukkan saat itu.

    BalasHapus
  139. Asal calonya mengurus kekantor disnaker.
    Hasilnya pasti asli.
    Bukan calo pemalsu dokumen aja.

    BalasHapus
  140. Bisa, tapi yang diakui oleh disnaker hanya sampe smp saja sesuai ijasah yang ada saat pembuatan.

    BalasHapus
  141. Belum bisa, karena syaratnya harus menujukkan ijasah asli.
    Kecuali kebijakannya berubah ya.

    BalasHapus
  142. Kak .. Bisa gak perpanjang kartu kuning kalo ijazahnya belum ada legalisir??

    BalasHapus
  143. Saya saling padang mau cari kerja d purwakarta, jd kalau saya bikin di purwakarta aja kartu kuning nya bisa ga ya min?

    BalasHapus
  144. maa mau nanya kalau ijasah smp saja bisa / tidak ya ? untuk taun ini kan ada aturan wajib belajar 12 tahun sekarang

    BalasHapus
  145. bisa, waktu itu saya hanya menggunakan yang fotokopi tanpa legalisir

    BalasHapus
  146. Bisa, silahkan ke disnaker setempat Mba.
    Bawa surat domisilinya.

    BalasHapus
  147. UU ketenagakerjaan, minimal pekerja 18 tahun umurnya.
    Kalau belum umur segitu, belum bisa.
    tapi kalau pertanyaannya, cuma punya ijasah smp sedangkan umur sudah memenuhi syarat.
    Seharusnya bisa.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel