Cara Ganti Nama di KTP, akta atau ijasah

Ini pengalaman terbaru saya dalam hal ganti nama yang tertera dalam Kartu Keluarga, SIM, maupun kartu identitas lainnya. Perubahan identitas disini bukan hanya berupa nama saja lho. Bisa saja yang dirubah adalah identitas tanggal lahir, orang tua/ keluarga, pekerjaan, agama, kewarganegaraan, tempat tinggal, bahkan ganti jenis kelamin ^_^. Kemudian saya sebut kartu identitas lain, maksudnya jenis kartu identitas seperti kartu pelajar; kartu perpustakaan; kartu anggota organisasi/perkumpulan; dll. Ok dah, yuk kita bahas cara merubah identitas diri ini atau yang disebut merubah data kependudukan.

Saya melakukan ganti identitas diri ini dikarenakan kesalahan penulisan nama di Kartu Tanda Penduduk (KTP). Tau ga, apa yang salah dari nama saya yang tercetak di KTP tersebut. Hanya salah satu huruf. Dari hurup “i” yang terdapat pada kata “Dhoni”, seharusnya adalah “y” sehingga menjadi “Dhony”. Kelihatannya masalah sepele ya. Sesuatu hal yang sepertinya tidak perlu dipermasalahkan. Tapi gara satu hurup itu, paypal saya jadi ditutup dan harus menunggu hingga 6 (enam) bulan untuk mencairkan isinya. Itulah mengapa harus mengurus masalah sepele ini.


Hal pertama yang saya lakukan ialah meminta pendapat RT. Dari pembicaraan singkat dengan Bapak RT, saya diarahkan untuk ke kelurahan dengan membawa ijasah/ akta kelahiran; ktp; dan kartu keluarga asli. Alasannya mengapa saya harus membawa akta kelahiran dan kk asli pula, adalah dimaksudkan sebagai berkas pelengkap. Dimana nama saya yang sebenarnya tecantum dalam akta kelahiran ataupun ijasah, dan mengganti nama yang salah di kk asli yang digunakan sebagai persyaratan membuat KTP. Begitulah hingga setelah dikelurahan dan mengungkapkan keperluan, saya pun diberi selembar formulir isian yang tertulis diatasnya “Surat Pernyataan Perubahan Data Kependudukan”.



Sudah lihat kan, apa yang tertulis di formulir tersebut. Kita tidak hanya bisa merlakukan perubahan nama saja. Kita bisa melakukan perubahan untuk ganti agama, kewarganegaraan, tempat tinggal, bahkan jenis kelamin pun bisa dirubah berdasarkan pernyataan yang kita tulis dalam formuir ini. Tentunya harus punya dasar lho ya. Seperti kasus saya kali ini, saya menggunakan akta kelahiran sebagai dasar penggantian nama saya. Tidak lupa pula menyertakan kk asli yang akan diganti dengan yang baru.

Setelah diisi sesuai keperluan dan saya tandatangani diatas materai, saya kembalikan formulir tersebut kepada petugas dikelurahan. Hal berikutnya yang terjadi adalah sesuatu yang  diluardugaan. Saya diminta untuk ke kecamatan, agar kk yang baru dapat dicetak. Bukan kenapa-kenapa sih, cuman jaraknya itu lho. Saya tinggal di nusa indah daerah antasari, sedangkan kantor kecamatannya ada di jalan jakarta di loa bakung sana. Mana kendaraan kurang mendukung lagi. Tapi ya sudah lah, namanya juga lagi perlu. Saya putuskan keesokan harinya untuk pergi kesana.

Kesan yang saya dapat ketika sampai dikelurahan adalah penuh, dan parkirannya tidak cukup untuk menampung semua kendaraan, yang padahal kebanyakan adalah sepeda motor. Begitupun tempat duduk untuk menunggu, sehingga banyak yang harus berdiri didepan kantor ini. Setelah saya berikan formulir yang saya dapat dikelurahan dan juga beserta persyaratannya, akhirnya saya mendapat KK yang baru. Namun lagi-lagi ada yang harus diurus, yaitu meminta tadatangan Kepala Kantor Catatan Sipil. Apalah daya, sayapun pergi ke kantor Capil. Untungnya kantornya ada dikota, jadi tidak terlalu jauh untuk kesana dari rumah saya.

Dikantor Capil walaupun bangunannya lama, parkirannya luas. Sehingga walaupun banyak mobil dan motor yang akan parkir, akan cukup menampungnya. Begitupun dengan ruang tunggunya, banyak tersedia tempat duduk, dan tak ada yang saya lihat orang yang berdiri untuk menunggu. Kecuali orang-orang yang tidak sabaran menunggu didepan loket, padahal sudah ada antriannya sehingga kita akan tau kapan harus menuju loket. Dikantor Capil ini saya hanya sebentar, karena setelah saya berikan berkas-berkasnya, saya tunggu sebentar untuk dicek kelengkapannya, dan sayapun diberikan tanda terima untuk mengambil KK baru yang telah ditandatangi esok hari. Sayapun pulang dengan membawa secarik kertas kecil tersebut, dan mau tidak mau kembali keseesokan harinya.



Sekembalinya dari kantor Capil, saya langsung memberikan tanda terima yang diperoleh kemarin ke loket penngambilan KK. Setelah dicari sebentar dan dicap stempel petugas, jadilah KK baru saya. Sayapun memeriksanya, siapa tau ada sesuatu hal yang tidak diinginkan. Benar prasangka saya, KK yang diberikan di Capil tersebut ternyata tidak hanya KK asli untuk kepala keluarga. Terdapat juga KK asli untuk RT, Kelurahan dan Kecamatan. Sayapun menanyakannya kepegutas, apakah ini ada kesalahan pemberian, ataukah memang saya yang harus memberikannya sendiri ke RT; Kelurahan; dan Kecamatan. Jawabannya ternyata adalah saya yang harus memberikan sendiri kesana. Ya udah deh, apa boleh buat. Yang penting sekarang identitas saya udah baru, lagian habis ini kan mesti buat KTP baru. Jadi past akan ke RT, Kelurahan dan ke Kecamatan juga pada akhirnya.

Cara Ganti Nama melalui Pengadilan Negeri


Karena banyak  yg bertanya bagaimana cara ganti nama seutuhnya alias bukah hanya sekedar koreksi saja, maka saya tulis update artikel ini. Caranya cukup mudah, bahkan kalau saya ceritakan sekarang bisa dibilang lebih ruwet pergantian yang saya ceritakan sebelumnya diatas karena harus kesana kemari mengurus surat menyuratnya. Hal paling awal yang harus kita lakukan adalah mengajukan surat permohonan kepada Ketua Pengadilan Negeri perihal keperluan kita ini. Tapi pasti banyak yang bingung bagaimana format dari surat permohonan ini, sedangkan bila kita minta ke PN sendiri mereka tidak punya standar khusus. Nah, disini saya berikan contohnya. Contoh surat ini saya buat sendiri berdasar keadaan yang umumnya saat menajukan pergantian nama. Jadi untuk kasuistis tertentu, kemungkinan tambahan ataupun pengurangan hal tertentu di dalam surat ini adalah bisa terjadi. OK dah, langsung aja klik tulisan berikut yang bergaris bawah untuk download : CONTOH SURAT PERMOHONAN GANTI NAMA PENGADILAN NEGERI (revisi)

Setelah mengajukan permohonan dan terdaftar, maka proses selanjutnya adalah menunggu jadwal sidang keluar. Wah, bakal lama ini. :) Enggak. Semuanya tergantung kasusnya. Untuk pergantian nama yang normal sih hanya cukup dua kali sidang saja, dan jarang antara kedua sidang itu biasanya tidak lebih dari 10 hari. Kira-kira 1 bulananlah dari sejak mendaftar hingga putusan didapat. Tapi penjadwalan sidang ini tergantung kesibukan PN-nya juga selain kerumitan kasusnya. Jadi kita cukup ijin dua kali aja toh di kantor untuk sidang ini. Untuk biaya ganti nama ini, umumnya tergantung daerah, biasanya dua ratus ribu - tiga ratus ribu rupiah saja. Cukup murah bukan. Ngga percaya, coba baca pengakuan Nia Ramadhani ketika ganti nama kemarin di: http://kcb.tabloidbintang.com/berita/gosip/6492-nia-ramadhani-ganti-nama-biayanya-berapa-ya.html

Contoh  kasus pengalaman dari teman kita burden (becks_armstrong(at)yahoo.com):
saya coba share deh, saya pernah ganti nama dengan alasan nama lama saya seperti cewe padahal saya cowo :p cuma nama depan sih, awalnya sidang ditunda karena alasan saya kurang kuat, akhirnya setelah ngotot dengan mengatakan saya di bully, baru dikabulkan, saran saya ada 2, pertama bilang aja alasannya diskriminasi / bully atau kalau punya catatan medis pernah sakit, bilang aja ganti nama karena sering sakit sakitan, itu lebih diterima (kata hakimnya dulu gitu)

Kalau sudah mendapat surat keputusan, ya kita tinggal meneruskannya ke Capil. Tentunya ada syarat-syarat berkas yang diserahkan ke Capil selain putusan PN tersebut, selengkapnya yakni:

  • Salinan Penetapan Pengadilan Negeri mengenai Ganti Nama;

  • Akta Kelahiran dari Catatan Sipil;

  • Buku Nikah (kalau sudah);

  • Kartu Keluarga; dan

  • Kartu Tanda Penduduk.

Bagaimana? Kelihatan ribet ya. Sebenarnya sih kalau udah tau masalahnya dan tau harus kemana ga bakal terlihat ribet-ribet amat. Lagian semua urusan di capil/kecamatan/kelurahan/rt ini ga pakai biaya sama sekali lho. Di pengdilan pun biayanya relatif murah. Jadi kalau ada waktu mending urus sendiri deh, biar tau jalan ceritanya. Ok, dilanjut ke artikel berikutnya mengenai cara ganti nama di Kartu Tanda Penduduk (KTP) ataupun di Kartu Keluarga (KK).

359 Komentar untuk "Cara Ganti Nama di KTP, akta atau ijasah"

  1. Setelah ganti nama di Kartu Keluarga, maka langkah selanjutnya adalah membuat KTP baru. Tunggu artikel selanjutnya ya mengenai pengalamanku membuat ktp. :)

    BalasHapus
  2. belajar banyak

    BalasHapus
  3. pak, saya mau tanya : kalo ganti nama, apakah harus dilampirkan KK dan akta kelahiran ? lalu saat ganti nama, apakah semua data bisa berubah, seperti KTP, KK dan akta kelahiran ? biaya yg diperlukan berapa ya pak?
    Terimakasih :)

    BalasHapus
  4. iya :) harus melampirkan kk asli karena akan diganti yang baru, dan fotokopi akta kelahiran/ ijasah sebagai bukti nama kita yang benar itu bagaimana.
    seperti kasus saya, awalnya hanya ingin mengganti nama yang tertera di ktp tapi ternyata mesti ganti kk dulu. jadi semuanya berurutan. dari akta kelahiran => KK => KTP => SIM/NPWP/KTA/dll.
    soal biaya itu FREE alias GRATIS. makanya urus sendiri, ngga usah pake yg aneh2. sehari juga jadi kok. apalagi kalau misalnya jarak antara kantor dan jam antrian pas kosong. cepet jadinya.

    BalasHapus
  5. dahulu saya buat ktp sama kk, tapi nama saya salah,terus saya ganti lagi giliran nama orang tua yang salah,cape deh

    BalasHapus
  6. kacian dehch.. :)
    kalau saya wakut di capil ditanya, apakah hanya ini yang mau diganti, jd sempat ngoreksi yang lain.
    tp kalo dah kejadian, ya apa boleh buat dah.
    urus dari awal lagi. he.. he.. he..
    moga cepat kelar ya.
    dalam waktu dekat ini saya ada urusan juga ke rt => rw => kelurahan => kua
    :) tau kan urusan apa

    BalasHapus
  7. Nah, kalau di nama asli di KKnya benar, trus karena ada kesalahan guru disekolah, maka seharusnya pake huruf 'F' malah jadi 'P'. keterusan deh sampai Perguruan Tinggi. Jadi sekrang nama di KTP juga ikutan jadi huruf 'P'. Kalau saya ganti nama lagi ke huruf 'F', apakah harus melakukan langkah diatas juga.. mohon penjelasannya.. thanks..

    BalasHapus
  8. Iya benar, harus melakukan langkah seperti yang saya ceritakan diatas.
    Bedanya, kalau saya bisa pake ijasah ataupun akta kelahiran sebagai dasar nama saya yg benar.
    Nah, agan hanya bisa menggunakan akta kelahiran saja sebagai dasar nama yg bener.
    Soalnya yg di ijazah agan salah kan.
    Moga cepet kelar urusannya ya gan.

    BalasHapus
  9. Q mau tnya pak,sya kn mau kuliah py mau gnti nama semuanya dri akte,ijazah semuanya,ktp bisa ngga? Caranya gimana,brpha lama?Trus biayanya gimana pak?Mkch

    BalasHapus
  10. Bisa.. Ibu saya juga dulunya gitu. Semua surat-suratnya diganti dengan nama baru.
    Yang jelas caranya sama seperti yang saya ceritakan diartikel ini.
    Bedanya adalah dasar yang kita pake.
    Jadi, untuk yang memang murni mengganti nama bisa meminta surat pengantar tersebut ke RT.
    Soal biaya, ini tergantung pejabat dan acara setempat.
    Kalau saya kemarin sih gratis untuk biaya pengurusannya.
    Trus untuk biaya acara ganti nama itu maksdunya acara adat istiadat/ keagamaan ketika mengganti nama. Biayanya ya tergantung kebutuhan.
    OK.. sukses ya. :)

    BalasHapus
  11. Semua ijazah di gantinya di mna?
    Abis ke rt terus ke mana yah? Persyaratanya apa sajah?Mkch:-)

    BalasHapus
  12. urutannya sih RT > Kelurahan > Kecamatan > Capil
    tapi kemarin saya langsung dari keluraahan > Capil (diganti KKnya atau Akte) > Kelurahan (menyerahkan berkas asli untuk lurah) > selesai
    Oh iya, untuk ijasah saya ngga terlalu paham. Mungkin bisa konsultasi ke sekolahnya atau ke dinas pendidikan setempat.
    Ditanya aja, pasti ada solusi.
    Awalnya memang kelihatan ribet, tapi setelah dijalani, paling yang bikin ribet karena ngga tau aja.

    BalasHapus
  13. bagaimana ya caranya kl saya kan belum punya akte lahir, tp hanya punya surat kelahiran dr kelurahan.
    surat kelahiran saya wktu itu penulisannya salah harusnya WIDANINGSIH tp disurat kelahiran tertulis WIDONINGSIH sehingga pada KTP, Ijasah saya nama nya WIDONINGSIH

    Bagaimana ya kl saya ingin bikin akte lahir tp dengan merubah nama saya yg sebenarnya yaitu nama nya WIDANINGSIH. saya bikin akte lahir, merubah nama di KPT, Ijasah.

    mohon bantuannya ya... thanks..

    BalasHapus
  14. Pasti bisa. Ikuti saja alurnya, mulai dari minta pengantar di RT. Ntar di keluarahan dijelasin selengkapnya harus kemana aja, dan mesti isi surat apa aja.
    Pada umumnya bakal sama dengan cerita saya diartikel ini.

    BalasHapus
  15. kalo saya akta kelahirannya dibuat di kota Blitar lalu saya sekarang tinggal menetap di Gresik, kalo mau benerin tgl lahir di akta kelahiran ,apa minta surat pengantar dari kelurahan Gresik utk diurus di Blitar?
    Trims.

    BalasHapus
  16. duh sorry belum pernah ngurus masalah seperti itu.
    tp kayanya iya, minta pengantar dari gresik untuk ngurus di blitar.

    BalasHapus
  17. saya mau ganti nama saya anak smp kelas 8 nama saya tuh ga sesuai sama yang saya mau,niatnya sih saya mau ganti nama,tapi itu kalau ganti nama nama saya di ijazah,akte seperti nama yg baru apa yg awal?

    BalasHapus
  18. kalau mau ganti namma itu harus ada dasarnya. Kalau mau ganti nama di ijasah, dasarnya akte yang harus sesuai nama baru nantinya. Jadi aktenya harus sesuai dulu dengan nama baru.
    Moga dimengerti ya :)

    BalasHapus
  19. saya mau nanya pak,,, perlu surat pengantar dari RT nya ga? RT di tempat tinggal saya soalnya nyebelinnya minta ampun,,, ktp saya cuman salah spasi doang namanya

    BalasHapus
  20. Iya perlu :) Setelah nama di akte atau di kartu keluarga telah dirubah oleh capil.
    Ntar di surat pengantar RT ditulis keperluan kita untuk memperoleh ktp baru.

    BalasHapus
  21. saya mau nanya pak..,masalah kita hampir sama yaitu Datanya jg salah...,tp kalau udh selesai diubah..,gmn data yg diberikan dibank apakah tdk bermasalah nantinya,mohon pencerahannya pak,thanks

    BalasHapus
  22. ngga masalah dgn data di bank.
    karena kita tinggal datang ke kantor tempat kita buat rekening, trus diminta data yang terbaru.
    update data kata mereka.
    paling cuman kena biaya ganti buku.
    plus antrian cs yg puanjang :)

    BalasHapus
  23. Misalnya KTP yang bermasalah itu masa berlakunya sampai tahun depan,tetapi habis diubah datanya bisa digantikan yang baru walaupun yg skrg belum habis masa berlakunya,....,thanks

    BalasHapus
  24. iya bisa, KTP saya juga gitu kemarin sewaktu dibenerin.
    belum habis masa berlakunya trus diganti baru.
    namanya juga perlu.
    kalau bisa ditunda hingga expire dulu juga ngga papa.

    BalasHapus
  25. annik purwanti21 Juli 2012 15.06

    nak saya karena ada kesalahan dalam penulisannya? bagaimana caranya? anak saya baru berusia 2 tahun. apakah membutukan biaya yang banyak? dan kira-kira butuh waktu yank lama gak ya? mohon penjelasanya ya pak.

    BalasHapus
  26. kayanya tulisannya terpotong nih.
    berapapun umurnya, caranya sama dengan penjelasan saya diatas.
    silahkan datang saja ke kantor kelurahan untuk meminta surat perubahan data kependudukan tersebut.
    ntar tau sendiri alurnya.
    trims :)

    BalasHapus
  27. pak sy mau tanya, kalo ganti nama di kk ktp itu langsung aja ke sudin bisa ya ? tanpa melalui pengantar RT dan kelurahan ? yg harus dibawa akte, ijazah dan ktp kk yg salah ya, butuh brp lama ya pak ? thanks

    BalasHapus
  28. kalau ada kenalan didalam mungkin aja bisa :)
    tapi kalau masu jalan sendiri, ya kita harus ngurus srat pengantar.
    soal waktu jadinya, tinggal kita sendiri pak.
    apakah kita punya waktu seharian untuk mengurus semuanya.
    kalo iya, sehari itu juga bisa kok jadi.
    yang bikin lama itu antriannya.

    BalasHapus
  29. hallo pak.
    bgini pk,sya berniat gnti nma sya.krna sya kurang cocok dng nma pemberian ortu.sy berumur 19 tahun skrg.nah,bagaimana cra yg mudah bgi sya untuk gnti Nma dlm ktp.brhubung sya mau buat SIM soalnya.dn sya tak punya akts kelahiran.tpi KK punya.sya belum menikah.

    BalasHapus
  30. WAH.. setau saya saat kita hendak mengganti nama harus sesuai dengan dasar yang kita punya, kalau ngga ada akta kelahiran ya ijasah juga ngga apa-apa.
    coba dah gunakan ijasah, diterima juga itu.

    BalasHapus
  31. Muhammad Zubair Al-Qudsyi21 September 2012 03.41

    Mas Dhony,
    saya mau nambahin nama belakang. nama sebelumnya tidak ada yg salah, tetapi saya tambahin belakangnya. caranya gimana? apakah sama? tks.

    BalasHapus
  32. Iya sama. Harus ada dasarnya. Kalau di akta kelahiran atau di ijasah ngga ada nama belakangnya, bakal susah itu.
    Tapi kalau di akta/ ijasah nama belakangnya udah benar/ udah ada, nah dijamin mudah deh.

    BalasHapus
  33. Apa kalo ganti nama seperti itu nik ktp akan berubah?
    Thanks

    BalasHapus
  34. Wah, kemarin saya sekalian ganti dari ktp lama ke ktp siak.
    jadi ngga terlihat perbedaannya. :)

    BalasHapus
  35. ganti nama kira" berapa biaya???

    BalasHapus
  36. Gratis.. tis.. tis.. ^_^
    Tp kl ada pungutan liar, ngga tau ya

    BalasHapus
  37. Pak saya mau nanya kalau merubah ijazah Ejaan penulisan pada Ijazah tingkat SMK bagaimana ya prosedurnya saolnya saya sudah membuat konsekuensi sama pihak kampus untuk merubah data_data dari Akte dan Ijazah SMK saya. Ejaan nama saya di Akte tertulis Achmat Rosid tetapi ejaan ini dirasa belum tepat sehingga beberapa kali pendataan salah penulisan maka saya mengambil keputusan untuk merevisi ejaan tersebut menjadi ACHMAD ROSYID. mohon penjelasanya Pak. Terimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
  38. Wih.. pertanyaan tingkat tinggi nih.
    Mohon maaf saya tidak bisa menjawabnya.
    Silahkan ditanya melalui website capil aja ya pak ^_^

    BalasHapus
  39. Saya mau ganti nama belakang pada Akte, trus KTP, buat KK sendiri, bagai mana prosesnya bos? biaya brp? apakah nanti ijasah jika tidak diganti nama cukup surat pengantar penggantian nama saja bisa berlaku? tanks banyak jawbannya
    .......

    BalasHapus
  40. sebelum mengajukan penggantian nama, pastikan dulu kita punya dasar.
    misalnya saja kasus saya ini, yg ingin mengganti nama di ktp & kk.
    saya menggunakan akte kelahiran sebagai dasar.
    kalau ada dasar, dijamin dah sama seperti saya diatas prosesnya.
    soal biaya juga sama, alias gratis.
    trus soal ijasah, bisa saja buat baru seperti halnya kalo ijasah hilang/rusak.
    mohon maaf bila jawabannya tidak memuaskan ya.

    BalasHapus
  41. pak,mau tanya tata cara dan syarat merubah status pekerjaan pada KTP,dan berapa lama prosesnya.
    terimakasih.

    BalasHapus
  42. status pekerjaan kita itu kan didasarkan atas apa yang tertulis di KK
    jadi kita harus rubah dulu kk nya
    prosesnya sama seperti tulisan saya diatas
    langsung aja datang ke kelurahan pak
    trims

    BalasHapus
  43. salam pak saya ingi ganti nama apa saja syaratnya dan bagaimana caranya soalnya pak lurah dikampung saya tidak merespon terimakasih untuk infonya pak

    BalasHapus
  44. dikelurahan itu cuma minta form penggantian identitas saja seperti yang saya kasih gambarnya diatas.
    ntar kalo dah dapat form-nya, tinggal diserahkan ke capil dengan melampirkan ijasah/akte kelahiran/berkas pendukung dasar perubahan nama kita.
    kalo dah lengkap ntar dibuatkan kk baru dengan nama baru kita.
    gitu aja, silahkan dicoba ya.

    BalasHapus
  45. mas, saya mau ganti nama tapi bukan koreksi nama yang salah, tapi bener2 total diganti. nah, buat ijazah dari sd sampe sma itu apa harus ngurusnya ke sekolah2 dulu apa di satu tempat aja? makasih

    BalasHapus
  46. Ada jawaban dari kepala dinas pendidikan bahwa bila terdapat kasus tersebut, memang harus ke tiap-tiap sekolah penerbit ijasah tersebut. Bila sekolah tidak bisa mengeluarkan ijasah baru, maka diberikan surat penryataan dengan materi.

    BalasHapus
  47. permisipak, saya mau nnya cara ganti nama di kk sama ktp ssuai yg di ijazah gmna ya ? apa sama cara yg di lakukan bapak yg di atas itu . terima kasih ^_^

    BalasHapus
  48. Yup sama persis.
    Bedanya waktu di capil kalo saya menunjukkan akta kelahiran sebagai dasar perubahan nama, nah kalo robiia menunjukkan ijasah sebagai dasarnya.
    OK. Moga cepat kealar urusannya ya :)

    BalasHapus
  49. kira_kira prosesnya sampai berapa hari ya pa ?? terus mnta keterangan srt rw ngga ? makasii sblumnya ..

    BalasHapus
  50. Cepet, ngga sampe satu haripun jadi. Hanya beberapa jam, itupun karena masalah jarak & antrian yg bikin lama.
    Datang aja dulu ke kelurahan untuk minta surat pergantian nama, trus ke capil untuk mengganti.
    Soalnya kemarin saya begitu, ngga perlu buat surat rt/rw.
    Setelah KK baru dgn nama baru kita selesai, barulah kita minta surat rt/rw untuk buat ktp baru.

    BalasHapus
  51. pak saya mau tanya, akta lahir saya kan salah nama, yg benar di ijasah (baik ijasah sd,smp, sma), sama ktp saya salah nama kelebihan satu huruf F, di KK ikut dengan ktp namanya, bgmn urutannya saya mau benerin namanya?karena sampai ke NPWP saya jadi salah juga bgt pak.

    BalasHapus
  52. kalo capil dki jakarta bpa tau gga ? soalnya saya gga tau pak,, terus abis kelurahan kecamatan lg gga pa ? mhon penjelasannya pak . :)

    BalasHapus
  53. Jd yg bener cuma di ijasah? kalo gitu, ijasah saja yg dijadikan dasar penggantian nama.
    Datang aja ke kelurahan untuk minta form penggantian nama, isi, trus kasikan ke capil untuk dibuat kk yg baru.
    kalo kk udah jd, bisa buat ktp baru dng nama yg benar.
    kalo ktp udah benar juga, nah tinggal benerin kartu-kartu identitas lainnya berdasar ktp yg ada.
    Coba deh pak. Ngga seribet ngebaca tulisan saya ini kok :D

    BalasHapus
  54. ini web-nya: http://dki.kependudukancapil.go.id/
    nah, kalo mau nanya2 via webnya langsung bisa juga tuh.
    Kalau saya sih, setelah di capil keluar kk baru, ngga langsung ke kecamatan.
    soalnya keperluan kita ke kecamatan cuman buat nyerahin berkas copian kk kita yang baru untuk kecamatan. :D

    BalasHapus
  55. pak saya mau nanya.seandainya saya lom punya akta trus nama di ijazah dan di KTP beda trus saya ingin nambahin nama di KTP saya apa harus bawa ijazah & kmrin sy sdh nyoba ngurus berhubung kesibukn kerja sy minta tlg orang kelurahan untuk ngurus tp di persulit.malah ktnya hrs ada alasan nya knp saya ganti nama.bnr ngk si pak????mohon penjelasannya

    BalasHapus
  56. Kalau memang nama di ijasah yg dianggap benar, boleh tuh dijadikan dasar untuk perubahan nama.
    Moga aja ngga dipermasalahkan ttg akta nya ya.
    trus kalau ditanya alasan, tinggal bilang aja kalau kita mau membenarkan nama.
    Kalau saya sih, ngga ditanya kenapa alasan ganti nama.
    Soalnya kita kan sudah melengkapi syarat2nya.
    Mereka seharusnya tinggal mengganti berdasar syarat2 tersebut, ngga perlu nanya macam2 lah.

    BalasHapus
  57. bismillah hari ini sya mau rubah kk sya pak di kelurahan,,
    sya mnta doa'nya smoga bisa cpet"slsai masalahnya,, sperti bpak :D
    aamiin ..

    BalasHapus
  58. amin.. moga cepet kelar urusannya.
    kemarin saya gratis semua, moga gratis juga ya. ;)

    BalasHapus
  59. sayangnya gga gratis pak, td sya di mintai administrasi 15 rb,,
    ya gpp lah itung"beramal,, ehhhe
    yg penting kk sya yg baru beres smua,, aamiin :D

    BalasHapus
  60. takutnya tuh pas mau daftar kerja susah mas, tapi saya udah nyaman banget dengan nama yg sekarang, sedangkan saya kuliah smester 2 apa masih bisa ganti?

    BalasHapus
  61. kapanpun kita bisa ganti nama, asal kita punya dasar.
    Bisa berdasar akta kelahiran ataupun ijasah.
    Pikir2 aja dulu, kl sudah nyaman dgn nama sekarang kenapa mesti ganti.
    Moga dapat ilham dah :)

    BalasHapus
  62. mas,saya cuma beda spasi aja gmna tuh mas?yang di ktp ada spasinya,tpi kalo yang di ijzah gak ada.ijzahnya sudah gak pake spasi sejak smp dan berlanjut sampai tamat kuliah.klo ngurus ijazah kayknya udah gak mungkin y mas?gimana bagusnya ya mas?masa cuma karena ijazah saja nama saya diganti semua?akte,ktp,passport saya sama cuma ijzah saja yang beda.

    BalasHapus
  63. ya tergantung keperluan dah. kl emang ada keperluan yg mengharuskan ijasah & ktp/paspor sama, ya mau ngga mau mesti ganti tuh ijasah.
    Bisa kok ganti, kontak aja pihak sekolah/fakultasnya. kalau ngga bisa menerbitkan ijasah baru, cukup dengan surat keterangan bermaterai juga bisa kok mereka keluarkan sebagai tanda bukti bagi kita. Jadi lihat kondisi dulu ya. Mungkin buat jaga2 kedepannya juga boleh tuh diurus dari sekarang :)

    BalasHapus
  64. klo bikin surat keterangan beda nama aja gimana tuh mas?keperluannya buat kerja.soalnya klo misalnya ntar kerja,ngurus SK kerja ini yang bkalan bermasalah klo gak diurus.ada kan surat keterangan beda nama?

    BalasHapus
  65. Kalau bedanya di ijasah, tinggal minta aja ke sekolah/kampusnya. Ntar dikasih surat keterangan bermaterai.
    Tapi kalau bedanya di KTP/KK/surat resmi dari pemerintah, kayanya bakal susah tuh minta yg seperti itu.
    Moga aja yg beda cuma di ijasah ya.

    BalasHapus
  66. mhon ijin bertanya pak, saya ingin memberikan tambahan pada nama saya karena terlalu pendek, yg saya pertanyakan, apakah nama pada ijazah saya bisa dirubah sesuai dengan yg sya inginkan tadi, terima kasih pak

    BalasHapus
  67. bapak saya ingin bertanya, nama di ijazah saya SD-SMA adalah DJOHAN EFFENDI, apakah saya bisa merubahnya pak menjadi JOHAN EFFENDI?
    jika bisa prosedur yg harus sya jalani gmna pak? mumpung belum lulus s1 pak
    trima kasih pak

    BalasHapus
  68. Pak, saya mau tanya, apakah untuk mengganti tanggal lahir dan tahun kelahiran prosesnya sama? Terima kasih untuk infonya pak.

    BalasHapus
  69. Assalamualaikum,
    Saya tak punya Akta Lahir, tak punya Ijazah sekolah,
    Saya mungkin sulit untuk merubah nama asli saya pasalnya nama saya adalah nama tetangga saya alias teman saya karena saya waktu tibanya harus sudah memIliki KTP umur 17 tahun akan tetapi saya umur 23 tahun baru bikin KTP diakibatkan saya lahir orang tua tak buatkan Akta Lahir, sehingga nama sayapun tak dicantumkan di KK, yang akhirnyapun saya pembuatan KTP pakai ijazah tetangga atau teman saya sehinngga nama saya tidak asli, yang saya pikirkan disini bagaimana saya dapat memiliki Akta Lahir, karena mungkin dari sinilah nama asli saya bisa dibuat sehingga bisa melanjutkan pembuatan KTP dengan nama asli, karena kabarnya pembuatan Akta Lahir bisa mencapai jutaan rupiah benarkah itu pak?

    BalasHapus
  70. mat malam pa dhony, maaf saya mau tanya nih. saya suci umur 13 tahun. Saya ingin ada tambahan nama belakang di nama saya yang mana sama seperti kaka - kaka saya. namun, saat ini orang tua saya sudah bercerai tapi ktp ibu saya masih status menikah belum diganti begitu pula kartu keluarga juga belum diganti. saya sudah kasih tau papa saya yang kerjanya sebagai pelaut yang tidak pernah ada di rumah, dan beliau setuju, untuk itu saya mohon bantuannya tentang persyaratan mengurus penambahan nama yang saya inginkan tersebut. atas segala perhatian dan bantuannya, saya ucapkan banyak terima kasih.

    BalasHapus
  71. Bisa, asal ada dasar perubahan namanya pak. kalau emang di akta bapak namanya panjang dan sesuai dgn keinginan bapak, bisa dijadikan dasar untuk merubah ijasah. Tp kl ngga, ya rubah dulu aktanya.

    BalasHapus
  72. sama seperti komentar sebelumnya, kl ada dasarnya (cth: akta) bisa saja. Prosedurnya sama seperti pengalaman saya diatas.
    moga kelar ya urusannya :)

    BalasHapus
  73. Iya sama. Yg beda cuman apa yg diisi pada formulir perubahan identitas.
    Kl cerita saya diatas, bagian namanya yg diisi.
    Nah kl kasus sekarang, tinggal isi perubahan tgl lahir saja.
    trims dah mampir

    BalasHapus
  74. Wa`alaikumsalaam.
    Lebih baik langsung aja cari orang capil yg bisa diajak curhat. Ntar pasti bisa dicarikan jalan keluarnya.
    Soal biaya pembuatan akta itu tergantung. Kl lewat jalur depan, pasti ngga sampai jutaan. Sebaliknya kl mencari mudahnya, ya bisa aja segitu.
    Maaf saya disini hanya berbagi pengalaman, bukan ahlinya.
    Moga lancar urusannya ya.

    BalasHapus
  75. Pada dasarnya caranya sama. Kita tinggal pilih di ijasah kita atau di akta kita yang namanya sesuai dengan keinginan kita. Misal yg sesuai di ijasah, maka gunakan ijasah itu sebagai dasar penggantian nama di ktp/ kartu identitas lainnya. Begitupun bila akta yg kita anggap sesuai, bisa kita jadikan dasar. Jd, pilih saja antara ijasah dan akta, yg sesuai dgn nama kita trus jadikan dasar pd saat mengisi formulir perubahan identitas seperti yg saya muat gambarnya diatas. tata caranya sama kok. Kembali kasih :)

    BalasHapus
  76. Pak, kalau saya mau menambahkan nama suami saya di belakang nama saya untuk kartu identitas, bisakah? Dasar apa yang perlu dibawa? Apakah prosesnya sama juga dengan proses penggantian nama karena salah ketik seperti kasus bapak?
    Trims.

    BalasHapus
  77. Mungkin bisa :)
    Dasarnya mungkin buku nikah ya.
    Dengan berdasar buku nikah, kita tulis di formulir perubahan nama tersebut.
    Yg jelas, waktu dicapil pertanyaan ttg dasar perubahan nama tidak mengikat kok.
    Jadi jelaskan saja perubahan nama kita tersebut, dan pastinya mereka akan mengerti.
    Silahkan diurus ya.
    Moga lekas selesai.
    Trims.

    BalasHapus
  78. bro, kalo ngurus2 ginian ada orang yang bisa bantu ga ya? keliatannya ribet dan butuh waktu lama ya? lagipula saya tinggal diluar kota..
    keperluan saya yaitu untuk ganti nama saja

    BalasHapus
  79. oh iya mau tanya lagi bro dhony, ane mau ganti namanya total keseluruhan, karena nama ane tidak sesuai dengan jenis kelamin, ane denger2 dan liat2 di google, katanya ganti nama itu harus lewat proses persidangan? nanti hakimnya memutuskan setuju atau tidaknya? apa benar begitu?

    BalasHapus
  80. Mm.. Kelihatannya ada, dicoba aja cari tau :) Soalnya kebiasaan seperti ini susah ditinggalkan.

    BalasHapus
  81. Masalahnya kita punya ngga bukti formal penggantian nama kita, alias dasar penggantian nama kita.
    Dalam kasus saya diatas, nama saya salah tulis. Bisa juga termasuk kasus yg mirip tulisan saya diatas ialah ingin merubah total nama kita sehingga sesuai dgn yg tertulis pada Akta kelahiran ataupun ijasah. Nah, ijasah atau akta kelahiran ini yg menjadi dasar formilnya bahwa terdapat kesalahan pencatatan di capil
    Trus, bila kita ingin merubah nama kita karena jelek / ganti agama / ganti marga / dll yg tanpa dasar formil, maka kita harus melakukannya melalui pengadilan.
    Tidak lama kok prosesnya. Cukup 2x sidang juga sudah selesai perkaranya. Biayanya juga relatif, sekitar 100ribuan. :)

    BalasHapus
  82. saya mau nanya jg pak,,bnyk yg bilang nama ga sesuai sama jenis kelamin,y,,
    sebenernya bisa ga sih pak ganti semua,y? akte, ijazah SD-SMA , kk, dll

    BalasHapus
  83. Bisa kok. Tapi dimulai dgn proses pengadilan dulu ya, soalnya ganti namanya bukan karena salah ketik atau kesalahan administrasi. Ntar setelah ada keputusan hakim, semuanya bisa diganti.

    BalasHapus
  84. Salam kenal pa dhony..sya ingin bertaya apakah bisa rubah tanggal lahir pada ijazah yg semula 26 maret 1983 menjadi 25 november 1985??apa saja yg saya harus persiapan??terimakasih

    BalasHapus
  85. Bisa. Semua bergantung situasi. BIla yg tertulis itu karena salah tulis, maka kita tinggal membawa tanggal akta lahir sebagai dasar tgl lahir yg betul ke capil. kemudian setelah keluar kk baru, buatlah ktp baru. setelah ktp baru keluar, bawa ke sekolah/kampus tempat ijasah itu dikeluarkan. Ntar di sana bisa dibuatkan ijasah baru, atau dibuatkan surat pernyataan pembetulan.
    Tp kl rubah tanggalnya tanpa dasar akta lahir, maka harus lewat proses persidangan. Selanjutnya setelah keluar putusan, tinggal ikuti langkah2 seperti diatas.
    Ribet ya? :) jalanin aja.

    BalasHapus
  86. pak,,,,
    kalau mau ganti nama kk saya sendiri bisa qak,,
    soalnya jauh beda sama akta kelahiran saya.
    contohnya gini pak,
    nama:kk. SIAT MIE SIONG(02-02-1989) di ganti...nama akta SATRIADI..(07-09-1989)
    terimah kasih.

    BalasHapus
  87. Boleh banget pak.
    Karena akta dianggap data yang paling valid diantara berkas lain yang digunakan sebagai dasar perubahan identitas.
    Langsung diurus Pak.
    Trims.

    BalasHapus
  88. kl buat tambah nama di pasport???

    BalasHapus
  89. Proses dipengadilannya lama apa tidak?

    BalasHapus
  90. Tidak. Kalau lancar, cukup dua kali persidangan saja.

    BalasHapus
  91. Pak Dhony saya mau tanya, bagaimana cara membuat SURAT PERMOHONAN GANTI NAMA yang ditujukan ke KETUA PENGADILAN NEGERI (sesuai domosili).
    Karena saya bermaksud mengajukan permohonan ganti nama (ganti nama total bukan koreksi).
    Tapi saya masih bingung dengan bentuk surat permohonannya, karena saat saya tanyakan ke PN tempat tinggal saya mereka bilang ga ada formulirnya, jadi pemohon harus membuat sendiri.
    Untuk saat ini persyaratan saya kurang Surat Permohonan saja, kalau suart permohonan jadi tinggal mendaftarkan ke PN.

    Mohon jawaban untuk surat permohonannya ya Pak Dhony.
    Sebelumnya saya haturkan terima kasih yang sebesar2nya.

    BalasHapus
  92. Silahkan di download contoh surat permohonan ganti nama ke pengadilan negeri, sebagaimana saya lampirkan di artikel diatas ya.
    Baru sempat pagi ini saya lampirkan.
    Moga bermanfaat.
    terimakasih. ^_^

    BalasHapus
  93. Pak Dhony saya mau tanya , bangaimana cara ganti umur di KK ? Soal nya di wartu bikin KK bapak saya salah kasih umur saya and abang saya dan kita pun ilang ijasah , same akte kelahiran karna dulu derah kita di landa bencana [ Aceh] sekarang pun sangat Susah bikin KTP pakai umur yg asli.
    Sebelum nya sangat la terima kasih kalau bapak bias ngasih solusi buat saya .

    BalasHapus
  94. Kalau diijasah apa sudah bener tgl lahirnya.
    Kl bener, bisa tuh dijadikan dasar untuk merubah KK.
    Bawa aja ijasahnya ke capil, minta untuk dirubah data di KK.
    Tp kl ijasah juga salah tgl lahirnya, ya mau ngga mau mesti lewat jalur pengadilan negeri.
    Caranya persis sama dgn yg saya tulis diatas.
    Moga cepet selesai masalahnya :)

    BalasHapus
  95. gini mz doni sya mau tnya ,, saya blom punya akta tpi mau ganti nama, brti hrus ganti kk nya dlu y ';;;truz cara selanjutnya gimana px ''.. aq hruz kemna dlu y ///

    BalasHapus
  96. Jadi akta ngga punya, tapi sudah ada KK.
    Nah untuk mengoreksi nama, kita bisa pake akta atau ijasah sebagai dasar perubahan.
    Karena akta ngga ada, pake aja ijasah. Itupun kalau nama yg di ijasah udah bener.
    Kalau tidak ya buat akta aja dulu di capil. Dgn begitu namanya bisa kita sesuaikan dgn yg sebenarnya.
    Trus kalau sudah ada akta, bisa mengurus KK juga dicapil, dan akhirnya bisa membuat kartu identitas lainnya berdasarkan nama yg tertera di akta tersebut.
    demikian moga dimengerti ya. trims.

    BalasHapus
  97. Terimakasih buuuanyak Pak Dhony, wah dengan ini saya merasa langkah saya semakin mudah, seakan2 tinggal "cliiinggg....beres deh..." Hehehehehe
    Karena kemarin sempat putus asa ga nemuin format surat permohonannya sedangkan minta tolong pengacara biayanya selangit (bagi saya sih, maklum masyarakat kecil..10jt bagi saya buuuanyak banget) Alhamdulillah berkat Pak Dhony tertolong deh, Insya Allah moga2 lancar.
    Ohya Pak mo tanya lagi nih, kalo udah dapet penetapan dari PN trus kita urus Akte dll nanti untuk ijazah kita urusnya berdasar akte apa kita boleh minta ke Hakim Ketua PN untuk menetapkan memerintahkan Dinas Pendidikan/sekolah yang ngeluarin ijazah untuk membuatkan ijazah baru, jadi kita ngurus ijazah itu dasarnya penetapan dari PN bukan berdasar perubahan nama pada Akte.
    Dan kalo sekolah tidak bisa menerbitkan ijazah baru melainkan hanya bisa memberikan surat keterangan bermaterai apakah surat keterangan tersebut syah bila dipakai untuk persyaratan mencari kerja dll..
    Mohon penjelasannya...Terimakasih..^o^

    BalasHapus
  98. Alhamdulillah kalau memang bisa membantu.
    Iya, memang bisa juga pembuatan surat permohonan itu melalui kuasa hukum.
    Amin lancar urusannya dah :)
    Mengenai permintaan agar sekolah mengeluarkan ijasah baru, sah-sah saja dimasukkan dalam poin-poin permohonan di surat tersebut.
    Namanya juga perkara perdata. Biar nanti di sidang akan dibahas, ya paling tidak nantinya bakal dikasih tau bagaimana prosesnya.
    Karena surat keterangan yang dikeluarkan pihak sekolah, umumnya hanya menerangkan kebenaran perubahan nama di ijasah.
    Pokoknya di kantor pengadilan nanti jangan segan-segan untuk bertanya. Kesempatan tuh.
    Sukses selalu ya. Trims

    BalasHapus
  99. Terima kasih atas info yg sangat bermanfaat ini pak..

    saya ingin menanyakan beberapa pertanyaan pak,mohon di bantu


    1. pak, untuk ijasah universitas dan sekolah apakah bisa kalau kita hanya meminta surat keterangan ganti nama, tanpa harus mengganti ijazah universitas dan sekolah,karena pengurusan di pihak universitas mgkn akan sulit

    dan untuk kartu kredit,bank dll bagaimana yah pak?

    2. kalau ganti nama,apakah nanti selaen ktp yg diganti termasuk akta lahir dll pak?

    terima kasih
    salam

    BalasHapus
  100. Sama-sama, moga manfaat artikel ini.
    untuk pertanyaan pertama, bisa saja kita hanya meminta surat keterangan.
    dengan begitu setiap kita melampirkan ijasah dalam berkas apapun, kita wajib pula melampirkan surat keterangan dari universitas/sekolah itu.
    Untuk pertanyaan kedua, iya semua berkas identitas kita wajib diganti pula termasuk akta lahir.
    Kala tidak begitu, suatu saat mungkin akan membuat kita sulit sendiri.
    terimakasih kembali,
    salam.

    BalasHapus
  101. siamatul azizah3 April 2013 09.04

    pak dhony saya mau menambambahkan nama didepan nama saya karena menurut perhitungan orang tua saya biar cocok dengan suami saya agar tidak terjadi hal2 yang tdak diinginkan kebetulan saya sudah menikah saya ingin melalui jalur pengadilan yang jadi pertanyaan bagaimana caranya?berapa biayanya?prosesnya di pengadilan bagaimana?bagaimana biar hakim menyetujui pengajuan kita?mohon jawabannya saya tidak punya akte kelahiran terima kasih

    BalasHapus
  102. Sebagaimana saya tulis diatas, yg pertama dilakukan adalah membuat surat permohonan pergantian nama kepada ketua PN setempat. Bila surat sudah diserahkan, kita tinggal menunggu saja apakah surat tersebut disetujuai atau tidak. Bila tidak, akan diberikan alasan mengapa penolakan tersebut diberikan. Ikuti saja petunjuk-petunjuk yang diberikan dalam surat penolakan tersebut, dan kemudian ajukan kembali surat permohonan yg telah diperbaiki ke ketua PN kembali. Bila sudah disetujui, tentunya kita tinggal menunggu jadwal sidang yang dicantumkan dalam surat persetujuan dari PN.

    Mengenai biaya, umumnya tidak sampai dua ratus ribu rupiah dari awal pengajuan surat hingga keputusan dikeluarkan. Mengenai proses ya, sebagaimana sidang perdata umumnya. Datang saja ke persidangan, duduk, nantinya hakim yang akan memandu kita mengenai apa yang haus dilakukan. Intinya persiapakan saja semua berkas yang menguatkan mengapa nama kita harus diganti. Ingat alasan kita tersebut harus sesuai dengan norma yang berlaku di negera kita, yaitu agama; hukum; kesusilaan; dan kesopanan. Sedangkan masalah akte kelahiran, silahkan tulisa pula dalam surat permohonan agar dapat diputuskan. Demikian ya, jawaban singkat dari saya. Moga membantu. Terimakasih.

    BalasHapus
  103. acep sudarmawan3 April 2013 16.16

    pak dhony saya mau merubah nama /menambahkan nama depan saya melalui pengadilan agama apa prosesnya sulit?alasan apa yang tepat dan dasar apa yang kita pakai di pengadilan?adakah pertanyaan yang sulit dan apa jawaban yang tepat alasan pergantian nama kita agar cepat disetujui hakim?

    BalasHapus
  104. Hadi sutikno3 April 2013 16.57

    Pak Dhony,maaf mau tanya,,,saya ga punya akta kelahiran hanya surat lahir dari sekdes/kelurahan.masalahx nama bapak kandung brbeda dgn surat lahir,ijasah sekolah,Ktp,buku nikah,dll..saya jg sdh pnya kk sendiri.kemaren saya melangsungkan prnikahan. yg saya tanyakan,bagaimana cara merubah data nama bapak kandung saya dikartu2 penting jg buku nikah ..karna semua brpegangan pd surat lahir bkn dr KK bapak kandung.

    BalasHapus
  105. Pak Dhony maaf mo tanya lagi, untuk poin alasan kalo kita menyebutkan alasan ganti nama karena pemohon merasa minder/kurang percaya diri dengan nama yang sekarang dipunyai, apakah alasan ini kurang kuat sehingga menyebabkan hakim tidak mengabulkan permohonan pemohon, saya mau menambahkan karena sering sakit2an tapi karena saya tidak sakit2an saya takutnya kualat nantinya..hehehe
    Mohon advisenya.

    BalasHapus
  106. Pak Dhony mumpung lagi bahas biaya nih, saya mau tanya, kok saya kena beaya 425rb, itu baru daftar aja, katanya setelah berkas2 lengkap semua trus bayar ongkosnya baru ngajuin/daftar permohonan. Dipapan pengumuman PN tempat saya tertera ada radius I II dan III. Nah kebetulan saya termasuk radius III, sebenarnya apa maksudnya radius itu pak, kok selisihnya jauh banget sama yg pernah saya dengar dan saya baca. Mohon pencerahannya...Makasih..

    BalasHapus
  107. yenie meilia8 April 2013 18.53

    saya warga negara indonesia, tetapi akan berkawin dengan warga negara malaysia...
    saya sedang buntu akan merubah nama dan agama...
    apakah hal pertama yang harus saya lakukan?
    terimakasih...
    klo boleh tolong jawaban bapak pada email saya...
    terimakasih banyak...

    BalasHapus
  108. konsultasi saja dulu dgn RT/lurah setempat untuk menyatakan alasan perubahan tersebut.
    Walaupun harusnya ke pengadilan, mungkin bakal ada solusi lebih mudah.

    BalasHapus
  109. Oh, itu namanya uang panjar. Kalau dalam kasus gugatan perdata, digunakan untuk memanggil para pihak.
    mulai dari ongkos transport, surat menyurat, perkara, dll
    radius disini adalah daerah jangkauan maksimal lokasi tergugat/penggugat dgn pengadilan.
    coba minta saja rincian mengani hal ini dipengadilan tersebut, pasi dijelaskan.
    Nah, satu hal lagi dalam kasus gugatan perdata, biaya tersebut sebenarnya bisa dibebankan ke tergugat bila kita menang.

    BalasHapus
  110. ngga papa ditulis karena minder/ kurang pd.
    sebut saja, takutnya nanti berdampak pada anak/suami yg juga minder dgn nama kita.
    apalagi anak-anak, kan sering tuh teman anak-anak kita yg suka menyebut-nyebut nama ortu-nya.

    BalasHapus
  111. ke pengadilan aja Pak. Sertakan bukti surat-suratnya agar dapat dipertimbangkan hakim.
    Nantinya kalau selesai, semua surat identitas kita itu bisa dirubah bedasarkan surat keputusan pengadilan.

    BalasHapus
  112. tidak sulit, karena ini perkara perdata. semuanya akan dipimpin oleh hakim, dan kita disini hanya bertindak pasif saja.
    soal alasan, ya ungkapkanlah sejujur-jujurnya. Bawa serta semua bukti sebagai penguat alasan kita itu. kalau sudah gitu, paling dua kali sidang aja udah kelar tuh.

    BalasHapus
  113. pak doni kalau anak saya sekarang umur 7 tahun mau ngurangi nama di akte apa prosesnya sama dengan diatas ke pengadilan

    BalasHapus
  114. pak saya mau nanya,,nama akte saya kan Racka trus ijazah sd smp dan sma namanya jdi Ricka apakah saya bisah ganti nama ijazah syaa ??
    kalu bisah gimana caranya pak,,tlong jwaannya pak

    BalasHapus
  115. iya harus melalui pengadilan juga, semakin dini semakin baik tuh.
    Belum terlalu banyak surat yg harus dirubah.

    BalasHapus
  116. Silahkan datang saja ke sekolah SD, SMP & SMA-nya minta diganti atau dibuat surat keterangan.
    kebanyakan sekolah sih, hanya mengeluarkan surat keterangan.
    tapi surat itu cukup untuk berbagai alasan keperluan kita.

    BalasHapus
  117. pak nama di ktp saya alfairus sdangkan di ijazah saya alfairuz cuma salah huruf S nya.
    bisa gak kalo saya maumerubah nama di ktp saya itu menjadi Z ??
    mohon pencerahaannya

    BalasHapus
  118. bisa, jadikan aja ijasahnya sebagai dasar perubahan nama ketika menyerahkan berkas di capil
    moga cepet selesai ya.

    BalasHapus
  119. Mas Dhony, numpang tanya setelah ganti nama, apakah akan sulit mengurus kepemilikan rekening bank yang tadinya pakai nama lama?

    BalasHapus
  120. Wah kalau ditanya sulit itu sih relatif, sebab semua orang yg berbeda keadaannya.
    Yg jelas, bisa diurus. Tp ya gitu, bank tertentu seperti bca punya kebijakan yg cukup rumit bila ada perubahan identitas pemilik rekening.

    BalasHapus
  121. Saya kasusnya sama dengan mas Dhony. Nama yang bener "Yenni" sesuai akta lahir, tapi dulu bikin ktp jadi "Yenny". Yah, semua rekening bank n asuransi jadinya ikut ktp deh.

    Udah nanya2 ke CS bank ybs, jawabnya harusnya bisa bawa dok akta lahir, ktp baru, buku rekening buat dicocokin data2 selain nama untuk diurus. Cuma ini teori, secara praktek CSnya bilang dia nga pernah dapet kasus begini.

    Rencananya mau ke bank tempat buka rekening buat mastiin lagi.

    BalasHapus
  122. Sip, moga lancar dah urusannya.
    Moga juga dapet cs yg suka mempermudah nasabah, soalnya saya sering tuh dapet cs yg suka mempersulit.
    ditunggu tulisan pengalamannya :)

    BalasHapus
  123. Pak Dhony, boleh berbagi unek2 nih, saya sudah mengajukan permohonan ganti nama dan berkas2 semua udah beres, kebetulan hari ini Senin 15 April 2013 dapat jadwal sidang. Pagi2 berangkat dengan semangat dan berkeyakinan bahwa pasti sidang saya lancar, karena berbekal informasi dari blog ini saya yakin sidang saya pasti ga ada masalah.

    Tapi mungkin nasib saya lagi kurang lucky x ya, karena yang memimpin sidang saya hakimnya terkenal lumayan "ATOS" saya tahunya juga dari salah satu hakim anggota.

    Tadi sidang saya ga sempat dibuka, karena menurut hakim ketua permohonan saya tidak ada dasar hukumnya, dan alasan saya ganti nama "Karena minder dan kurang pd" juga ditolak...duhhhh....(sampek nangis saya dipersidangan)

    Setelah sidang saya menghadap salah satu hakim anggota tersebut ngobrol2 dan minta saran beliau, dan beliau bilang sebenarnya hari ini seumpama kasus yang sama tapi beda hakim kemungkinan bisa diluluskan/disetujui.

    Yahhh...jadinya permohonan saya cabut, dan disarankan untuk mengganti beberapa berkas supaya mempunyai dasar hukum.

    Pak Dhony, kalo mo mengajukan ganti nama (total bukan koreksi), apakah boleh menggunakan KTP/SIM & KK sebagai dasar hukumnya. Misalnya gini, nama saya diijazah dan Akte adalah Bunga, sedangkan nama pada KTP/SIM & KK adalah Dahlia Sari. Saya bermaksud menyesuaikan nama pada ijazah dan Akte disesuaikan dengan KTP/SIM & KK. Apakah KTP/SIM & KK bisa dijadikan dasar hukum dalam pengajuan ini. Terus terang saya kawatir ketemu dengan hakim yang killer itu.

    Mohon doanya ya Pak Dhony, sekian curhat dan pertanyaan saya. Maaf saya sering corat coret disini..Terima kasih buanyakkkk...

    BalasHapus
  124. Ternyata masih ada ya hakim yg kaku begitu.
    Penyesuaian ijasah dan akte berdasar ktp/sim/kk tidak bisa, karena derajat surat akte lebih tinggi dari surat yang lain.
    Tp, sy denger2 ada aja tuh di orang2 di capil yg bisa membantu perolehan akta baru.
    Kl terpaksa ya mau ngga mau dah pake cara itu.
    terimakasih juga udah memberikan testinya dimari ya.
    Insya Allah pengalaman ini akan terus bermanfaat bagi kita semua.

    BalasHapus
  125. Tapi kalo umpama bisa dapetin Akte baru dengan nama baru apa bisa buat dasar hukum minta surat keterangan ke sekolah (ijazah) Pak, sedangkan tahun pengeluaran Akte lebih baru ketimbang tahun pengeluaran ijazah dan tidak ada keterangan bahwa yang bersangkutan telah berganti nama dari A menjadi B (karena tidak melalui proses penetapan PN), hanya data tempat tanggal lahir dan nama bapak saja yang sama.

    Punya saran ga Pak, bingung saya jadinya, soalnya saya malu banget dengan nama saya, dan seperti yang Pak Dhony bilang kemarin saya takut nanti suami dan anak2 saya juga minder punya istri dan ibu yang namanya ndeso macam saya..

    BalasHapus
  126. Maaf Sdr Reya, boleh ga berbagi pengalaman tentang ganti nama nya. Sebab saya juga punya masalah yang sama, kalo tidak keberatan tolong bagi pengalamannya dengan saya disini ya. atik.ae.37@facebook.com
    Makasih banyak sebelumnya.

    BalasHapus
  127. Iya, kalau pake cara tersebut tentunya selanjutnya harus memakai cara itu terus hingga selesai semua berkasnya.
    Jd, coba aja tanya2 ke sekolah apakah bisa dibantu rubah bila kita nantinya menunjukkan bahwa nama yang benar ada di akta baru.
    Sebenarnya banyak kok, orang biasa bahkan artis yang ganti nama. Biayanya paling 300ribuan aja kaya si nia ramadhani itu (http://kcb.tabloidbintang.com/berita/gosip/6492-nia-ramadhani-ganti-nama-biayanya-berapa-ya.html). Tapi semua punya alasan masing-masing, dan tinggal kita masing-masing yang bisa meyakinkan hakim bahwa nama kita itu sangat perlu untuk diganti. Terutama saksi-saksi sangat penting tuh pengaruhnya.

    BalasHapus
  128. Kemarin udah tanya ke kenalan yg petugas dukcapil tapi katanya ga bisa dan dia juga bilang kalo ketahuan punya identitas ganda bisa berurusan polisi.
    Saya jadi pikir dua kali.
    Mungkin saya pas lagi bener2 ga lucky x ya ketemu hakim yang alot macam mak lampir gitu. Bahkan Ibu saya juga sudah memberikan keterangan alasan tapi si hakim tetep aja ngeyel. Kemarin udah kadung habis lumayan banyak tuh biayanya, mulai materai sampai biaya legalisasi dan uang panjar saya juga cuma kembali sepertiga. Mungkin biaya yg udah keluar kemarin kalo untuk mengurus ganti nama udah dapat 2 kasus..hehe
    Pak Dhony emang perempuan boleh jadi saksi di persidangan ya, kok ibu saya bilang saksi harus laki2 katanya.
    Ohya Pak, saya inbok di FB tolong dibalas ya...Makasih...

    BalasHapus
  129. Kayanya sekarang memang susah ya semenjak ada E-KTP.
    Ada positifnya, juga ada negatifnya :)
    Mengenai saksi, dulu memang ada aturan mengenai saksi.
    Tidak hanya wanita, keturunan warga tertentu juga dibatasi dulu.
    Tapi sekarang Wanita juga bisa kok jadi saksi.
    Ngga ada perbedaan sekarang selama masih WNI.
    Inbox-nya udah dibalas ya.
    Masuk ke inbox lainnya karena fb kita belum konek, jdnya ngga tau.
    Trims.

    BalasHapus
  130. Assalamu'alaikum ..
    Saya masih duduk di bangku SMK. Saya kurang PD mas dengan nama saya, saya udah bilang ke wali kelas saya atas keinginan saya merubah nama saya.Namun katanya sangat sulit bahkan tidak bisa.
    Saya punya mimpi besar untuk sukses, tapi terkadang terhalang dengan nama saya ini. :(

    Apakah bisa saya mengganti nama saya mas? Tolong saya, dan alasan lain guru saya kemarin: Nilai-nilai saya suah dikirim ke provinsi.

    Kemudian saya menanyakan kepada guru SD saya. Jawabannya pun tidak jauh beda .
    Saya sangat minder ..
    Saya harus mengubur mimpi saya :(

    BalasHapus
  131. Bisa kok.
    Minta temanin ortu aja untuk mengjukan surat permohonan ganti nama ke pengadilan.
    Ntar kalau sudah ada keputusan dari pengadilan, surat keputusan tersebut bisa digunakan untuk mengurus ijasah SD; SMP; maupun kalau ijasah SMK-nya udah terlanjur tertulis pakai nama lama.
    Cepat-cepat aja diurus sebelum masuk kuliah.

    BalasHapus
  132. Dek, bagi2 pengalamannya ya kalo dah clear, cos aku juga punya masalah yang sama kaya kamu, dan terbentur di Pengadilan Negeri belum bisa gol ini masalahnya. Thanks.

    BalasHapus
  133. thanks bro infonya moga-moga dapat membantu aku dalam urus masalah ganti nama

    BalasHapus
  134. cara ganti nama di akte. di akte saya aururrofik dan di ijazah saya aurur rofih.
    bgaimana prosedurnya?

    BalasHapus
  135. Sama seperti yang saya ceritakan diatas, pertama datang saja dulu ke RT dgn menerangkan bahwa ada kesalahan penulisan nama di ktp. Seharusnya nama sesuai dgn yg diijasah atau di akte, pilih salah satu. setelah itu ke kelurahan, minta blanko surat pergantian identitas. Bawa kekecamatan, kalau lancar disana akan diberi petunjuk agar dibuatkan KK baru di capil. Kalau udah ada KK baru, KTP/SIM/dll tinggal ngikut aja.

    BalasHapus
  136. pak untuk pengurusan melalui birojasa/perwakilan bisa tidak & caranya. bisa tidak jika ktp jawa bekerja dijakarta pengurusan PN jakarta

    BalasHapus
  137. Seharusnya sih untuk kasus perdata bisa kok perwakilan, tentunya dgn surat kuasa hukum.
    trus masalah domisili ktp di jawa trus bekerjanya di jakarta tp ingin ngurus di jakarta, wah kayanya susah tuh pak.
    coba dikonsultasikan dulu ke PN, karena kayaknya ngga bisa tuh.
    Sebab nantinya putusan pengadilan tersebut menaungi wilayah pembuatan ktp/ kartu identitas baru.

    BalasHapus
  138. surya agusta10 Juni 2013 06.49

    Terima kasih mas Ghoni...sngat brmanfaat sekali buat saya.....

    BalasHapus
  139. surya agusta10 Juni 2013 06.50

    Maaf maksud saya mas Dhony...

    BalasHapus
  140. Pak,

    1. kalau mau ganti NAMA dan AGAMA sekaligus, mana yang harus didahulukan: NAMA atau AGAMA?

    2. untuk kasus ganti NAMA, apa saja alasan yang dapat dinyatakan "berdasarkan HUKUM" dan "LAYAK untuk ganti nama"?

    3. jika sudah ganti nama, haruskah mencetak IJAZAH dengan nama baru?

    terima kasih banyak :-)

    BalasHapus
  141. kembali kasih.
    untung ngga disamain dgn karung ghoni he.. he.. he.. he..

    BalasHapus
  142. kalau ganti agama saya belum pernah..
    tp mungkin ntar kalau memang sudah ganti agama, administrasinya cukup dengan melampirkan keterangan ulama agamanya untuk mengisi formulis pergantian identitas seperti dicontohkan diatas. sebab, saya kira tidak ada pengadilan atas perkara perganitan agama. Yg ada ya peradilan atas pergantian nama.
    Yg namanya suatu perkara itu kasuistis, sangat susah untuk mencari suatu alasan yg bisa diterima untuk semua kasus ganti nama.
    Jd silahkan konsultasikan aja ke LBH ya.
    setelah mendapatkan putusan kemenangan atas pergantian nama kita, maka kita juga harus mengajukan pergantian nama di ijasah ke sekolah.
    Nah, disini terserah sekolah apakah mau mengganti dgn yg baru ataukah cukup dengan diberi surat ketrangan dari sekolah tersebut.
    terimakasih kembali.

    BalasHapus
  143. thanks y mas, sangat membantu sekali infonya

    BalasHapus
  144. Mas saya mau tanya,, KK sya.. nama dan tgl lhr nya itu beda dengan ijazah,, saya ini mau ganti nama dan tgl lhr KK sya, tapi saya g pnya akta klahiran.. sya hrs bgaimna ya mas?
    terima kasih.

    BalasHapus
  145. Dasar untuk melakukan koreksi nama di KK bisa pake Akta kelahiran ataupun Ijasah.
    Nah, ijasahnya kan ada. Pake aja itu untuk merubah data di KK.
    datang aja dulu ke kelurahan untuk dapat formulir & nanya2 kl masih ragu.

    BalasHapus
  146. Hello Mas dhony, mohon bantuan informasinya sebagai berikut, anak saya umur 9 tahun ingin mengganti nama, bagaimana untuk permohonan penggantian nama anak dibawah umur 18 tahun, apakah procedurenya harus dilakukan oleh orang tua? Apakah harus melalui PN ? Sekali lagi terima kasih atas bantuan informasinya.

    Salam,
    Adel

    BalasHapus
  147. Hi Pak Adel.
    Iya bener, anak dibawah umur harus diwakili orang tua dalam hal pengurusan namanya karena ia belum cakap hukum.
    Untuk koreksi nama, dapat melaluii capil saja. Tapi untuk pergantian memang diharuskan melalui pengadilan negeri.
    demikian semoga menjawab semua pertanyaannya ya.
    trims.

    BalasHapus
  148. Mas saya mau tanya ni.. Kebetulan kasusnya sama, nama di KK dan KTP saya beda dgn yg di akte kelahiran. Dan yg parahnya bukan cuma nama saya aja tp nama adik2 saya juga salah.
    Saya mohon petunjuknya ni:
    1. Jd klo mo koreksi nama tinggal ke kelurahan kan.. Nah klo kasus saya gt, adik2 saya bs saya wakilkan ga?
    2. Saya kan mau nikah ni mas, menurut mas lbh baik urus koreksi namanya sblm urus surat nikah atau pas pindah kk ya? Biar skalian aja gt mksdnya.. Hehe
    3. Ada biaya2 admin yg diperlukan?

    Gitu aja si.. Mohon petunjuknya n makasi banyak.

    BalasHapus
  149. mas dhony

    saya mau nanya kalau mau ganti nama tapi belum punya akte apakah harus ngurus akte lama dulu???
    makasi jawabannya

    BalasHapus
  150. 1. Iya tinggal ke kelurahan minta formulir perubahan identitas. Ntar disana minta petunjuk apa saja persyaratan yg mesti dilengkapi, karena dgn otonomi daerah akan berbeda kebijakan tiap daerahnya.
    2. Sebaiknya sebelum nikah aja. Kalo abis nikah, kebanyakan surat-surat yg mesti di ubah kembali.
    3. kemarin saya tidak dikenakan biaya apapun. Ngga tau untuk daerah lain, ya lagi-lagi soal otonomi daerah.

    Moga jawaban saya bisa sedikit membantu ya :) trims

    BalasHapus
  151. Iya akta harus diurus dulu, soalnya kalau tidak punya dasar untuk perubahan nama, tentu tidak bisa diproses.
    trims :)

    BalasHapus
  152. mas bagaimana cara mengurus/mengganti kesalahan nama dalam akta kelahiran?

    BalasHapus
  153. salam,
    saya mau tanya :
    Jika saya mau ganti nama anak saya di KK bisa. contoh misal di akte kelahrian anak saya "BUDI" , nah sekarang setelah 13 tahun saya mau ganti menjadi "BUDI ISKANDAR" misalnya. apakah bisa langsung kekelurahan ?

    Terima kasih

    BalasHapus
  154. Sepertinya harus buat akta baru lagi dah.
    akta yg lama diganti aja dgn yg baru nantinya.

    BalasHapus
  155. salam kenal..
    Pergantian nama tersebut bisa dilakukan bila kita punya dasar.
    Jadi kalau dalam kasus ini terjadi kesalahan penulisan nama di kk, kemudian kita mau menggantinya.
    kita mesti menunjukkan salah tersebut atas dasar apa.
    bila memang di akta kelahiran anak tertulis budi iskandar, tentu aja bisa langsung diganti.
    bila tidak maka harus melalui pengadilan.
    demikian
    terimakasih kembali

    BalasHapus
  156. Hello pak Dhony,

    Terima kasih atas informasinya, mohon bantuannya sekali lagi dan sangat menghargai bila bapak mempunyai informasi mengenai persyaratan apa saja yg harus kami siapkan serta tahapan proces dan procedurenya, jika harus melalui PN bagi anak di bawah umur 18 tahun pak Dhony?

    Terima kasih sebelumnya,
    Ibu Adel

    BalasHapus
  157. Untuk koreksi nama melalui capil, prosesnya sama seperti yg saya ceritakan di artikel diatas.
    Untuk proses pergantian nama di PN, silahkan download surat permohonan ganti nama ke pengadilan negeri di artikel atas (file berbentuk PDF).
    Sesuaikan nama pemohon dimana sebagai wali dari anak yg akan diganti namanya.
    lampirkan persyaratan yg terkait, seperti KK; Akta kelahiran; ijasah; yg memuat nama yg salah dan ingin diganti.
    Pada dasarnya tiap daerah mempunyai kebijakan tersendiri karena otonomi daerah.
    Jadi baiknya langsung aja ke kelurahan/ PN setempat untuk keterangan lebih sesuai.
    trims.
    dhony :)

    BalasHapus
  158. Terima kasih sekali lagi informasinya sangat di hargai.

    Adel :-)

    BalasHapus
  159. salam,
    saya mau tnya mas,,
    rencananya saya mau ganti nama, soalnya nama di akte dan di ijazah tdk sama, pertanyaan saya, nanti misalnya saya selesai mengurus ganti nama di PN, apakah perlu lagi saya mengurus pergantian nama di kampus tempat saya kuliah, nah bila demikian, apakah pihak kampus mau mengabulkan permohonan ya???

    BalasHapus
  160. salam kenal
    Iya tentu perlu mengurus kembali ijasah yg akan diganti pula namanya ke kampus.
    Dengan adanya surat keputusan PN, pihak kampus mau tidak mau akan melayani kita.
    Kalau tidak menerbitkan ijasah baru, ya paling tidak kita akan diberikan surat keterangan untuk dilampirkan kapanpun kita membutuhkan ijasah.

    BalasHapus
  161. pak, saya mau tanya bagaimana cara menghilangkan gelar kependidikan dan merubah pekerjaan di buku nikah ??
    di buku nikah kolom pekerjaan di tulis PNS sedangkan saya sudah menjelaskan bahwa masih honorer, sedangkan di kolom nama terdapat gelar S.Kom padahal saya lulusan D3, mohon petunjuk dan dari mana saya harus mulai mengurusnya. terima kasih.

    BalasHapus
  162. Salam kenal pak rizal..
    Untuk merubah data dalam buku nikah, cukup dengan membuat surat pernyataan diatas materai Rp. 6000,- yang berisikan informasi apa saja yang akan dirubah. Surat pernyataan itu diserahkan ke kantor KUA tempat kita mengurus berkas nikah. Dengan berdasar surat tersebut nantinya KUA akan menerbitkan buku nikah duplikat yang fungsinya sama dengan buku nikah asli yang telah diterbikan sebelumnya.

    BalasHapus
  163. pak,

    kl ingin merubah/koreksi nama di buku nikah apa aja syaratnya & gimana caranya?

    terima kasih

    BalasHapus
  164. #tepok jidat
    jawabannya sm seperti pak rizal ya?

    BalasHapus
  165. Mohon tanya... kalo ganti nama seutuhnya dengan alasan tidak suka nama sendiri (biasa sih untuk perubahan nasib gitu)
    Menulis alasan ini bolehkah??
    Terimakasih.

    BalasHapus
  166. mungkin saja dilakukan perubahan anama atas dasar memperbaiki nasib. mungkin bisa minta pak ustadz untuk membantu menuliskan dasar hukumnya, karena nabi kan memerintahkan kita untuk merubah nama agar menjadi lebih baik. hadisnya lupa tapi ada, karenanya bisa dijadikan alasan tuh. lebih baik mengajukan di pengadilan agama kalau masalah ini.

    BalasHapus
  167. Pak Dhony say mau tanya..

    Saya mau merubah data "tempat lahir" pada KTP,KK, Surat Nikah, data di bank,NPWP dan tentunya pada dokumen lainnya ( agar sesuai dengan akte lahir saya ).
    karena selama ini saya menggunakan data tempat lahir sesuai dengan ktp yang notabene itu salah.
    bagaimana cara prosesnya? karena saya khawatir hal ini bisa menjadi kasus hukum buat saya (pemalsuan data) dan saya ingin merubah kesalahan data tersebut.
    Mohon penjelasan dan arahannya, terima kasih.

    BalasHapus
  168. Salam kenal Pak Toni,
    Untuk kasus Bapak yang pertama kali dilakukan ialah mendatangi kelurahan setempat untuk meminta formulir perubahan data.
    Dikelurahan tersebut nantinya Bapak akan ditunjukkan bagaimana proses selanjutnya.
    Kemungkinan besar setelah mengisi formulir tersebut, Bapak akan diminta ke kantor catatan sipil untuk melakukan perubahan KK berdasarkan akta kelahiran.
    Kemudian setelah jadi KK baru, Bapak akan dirujuk ke kantor kecamatan untuk memperoleh KTP baru.
    Selanjutnya untuk buku nikah bisa dilakukan perubahan di KUA setelah KTP baru jadi.
    Begitu juga dengan data bank maupun NPWP dirubah di bank ataupun kantor pajak yang bersangkutan.
    Demikian moga membantu.

    BalasHapus
  169. Mas Dhony, pertama-tama thx banget buat infonya ya. tapi aku bingung. ini artikel lanjutan ttg pembuatan ktpnya mana ya? ada link yg bisa di klik kah? mengingat mas dhony menuliskan ini

    "Ok, dilanjut ke artikel berikutnya mengenai cara ganti nama di Kartu Tanda Penduduk (KTP) ataupun di Kartu Keluarga (KK)."

    BalasHapus
  170. Oh iya, sy lupa ngasih link ke artikel selanjutnya. Monggo silahkan di klik link berikut:
    http://dhonypratama.com/perpanjang-pembuatan-ktp-dengan-siak

    BalasHapus
  171. pak saya mau ubah nama akta kelahiran seperti di ktp dan kk,sebelumnya sy sudah penah merubah nama di akta nikah say sesuai di ktp melalui pengajuan di pengdilan agma dan berhasil, maslhnya apkah saya bisa melakukan pergantian nama di akta kelahiran tanpa menggunakan ptusan pengdilan negri ,tapi menggunakan putusan pengdilan agma? makasih

    BalasHapus
  172. seharusnya sih bisa, coba ke capil untuk melakukan perubahan tersebut menggunakan putusan pengadilan agama sebagai dasarnya.

    BalasHapus
  173. Assalamu'alaikum.
    sebelumnya saya mengucapkan trimakasih atas Arahan dari Artikel yang pernah saya baca ini.
    Pak. Saya minta arahanya. awal kasus saya adalah inging memperbaiki Nama.
    Pada Data"saya. Nama yang di Akta dan yang Di IJasah, KTP, Dan KK hanya Satu Huruf yang Tidak Sama dengan Akte.
    saya datang ke kantor PN dan Men daftar Membuat permohonan Perbaikan nama Pada Akte. betul yg di jelaskan Admin membayar biayanya berkisar jumlah itu. Sidang Pertama Pemeriksaan Dokumen sudah slesai dua minggu menunggu keputusan Hakim. pada Slesai Sidang ada saran dari bagian pegawai pengadilan. yg menyarankan memberikan Uang trimakasih, dan menyebutkan jumlahnya. agar Proses Keputusan berjalan sesuai yg di Saya mau dan cepat.
    bagai mana nanti kelanjutanya apakah saya mendapat keputusan yg baik atau tidak jika tidak memberikan tanda trimakasih sperti itu. dan apakah dulu Admin Juga seperti saya ?
    Atas Perhatianya saya Ucapkan trimakasih..
    wassalamu'alaikum.

    BalasHapus
  174. Wa'alaikumsalam wr. wb..
    Mengenai proses cara memperbaiki kesalahan nama ini sangat kasuistis.
    Saya tidak tahu apakah dalam persidangan terebut, bukti-buktinya lebih menguatkan data ijasah; ktp & akta terhadap akte atau malah sebaliknya.
    Saya sendiri tidak ada permintaan tambahan biaya dari oknum seperti yang sobat alami, dan alhamdulillah prosesnya berjalan lancar.
    Sedangkan sobat kita yang lain beberapa waktu yang lalu tanpa memberikan sesuatu kepada oknum juga, mendapatkan hasil yang mengecewakan karena bukti/alasan pergantian nama yang diajukan berdasarkan pendapat pribadi.
    Jadi semua saya kembalikan kepada sobat, karena sobat sendirilah yang tau bagaimana kekuatan argument dipersidangan kemarin.
    Semoga sukses ya..
    terimakasih sudah meluangkan waktu tuk membaca.

    BalasHapus
  175. Sebelumnya banyak terimakasih ya mas.artikelnya bguna sekali.
    Saya ingin bertanya, saya punya bayi yang berumur 7 bulan dan sudah jadi akte kelahirannya. Tapi saya kurang sreg dengan nama tersebut walaupun artinya sudah bagus.dan sekarang saya berniat untuk merubahnya.
    Apakah itu diperbolehkan hanya dengan alasan kurang sreg? Mumpung anak saya masih bayi ingin segera saya urus.
    Trims ya

    BalasHapus
  176. berdasarkan pengalaman saudari kita yang lalu, bila kita tidak memiliki alasan yang kuat untuk dibuktikan didepan pengadilan maka kemungkinan untuk permohonan perubahan nama sangat kecil dikabulkan.
    mungkin bisa dicari lagi alasaan yang lebih baik agar menjadi bukti kuat perubahan nama sikecil.

    BalasHapus
  177. Sebelumnya terima kasih banyak atas artikelnya pak.

    Saya mau bertanya, nama saya di KK+KTP itu "Alang Rizki Amunadi" sedangkan di ijazah, akta dan kartu mahasiswa "Alang Rizky Amunady" apakah untuk mengurus nya sama seperti kasus pak dhonny yang di ceritakan ini? terima kasih pak

    BalasHapus
  178. yup, caranya sama persis seperti yg sy jelaskan diatas.
    kita ngga perlu kepengadilan karena pada dasarnya yg kita urus adalah koreksi nama, bukan ganti nama.

    BalasHapus
  179. pak Dhony numpang nanya nih, kalo nama saya di KK+KTP "Helen Pauline" tp di akta, ijazah, ktm "helen paulin" beda "e" doang sih.. ini ngurusnya stepnya sama seperti diatas pak?? makasih sebelumnya ^_^

    BalasHapus
  180. Iya untuk perubahan yang sifatnya koreksi nama saja, cukup melalui capil aja.
    Ngga perlu ke pengadilan karena tidak mengganti keseluruhan nama.
    Yg penting harus ada salah satu bukti penamaan kita yang benar.
    entah itu di ijasah ataupun di akta kelahiran.
    salah satunya sudah cukup sebagai bukti untuk merubah data di kartu identitas kita lainnya.

    BalasHapus
  181. Salam...
    Mohon bantuannya.
    Saya ingin menghilangkan nama belakang anak saya.
    Anak saya skrg berumur 3.5 tahun..
    Apakah saya hrs ke PN ato lgsg ke Capil saja?
    Mksh

    BalasHapus
  182. salam kenal,
    bila anak anda sudah memiliki akte kelahiran,
    yang kemudian atas nama yang tertera tersebut ingin dirubah/ dihapus nama belakangnya,
    maka harus melalui proses di pengadilan negeri.
    proses di capil hanya dapat untuk mengoreksi nama saja.
    moga membantu.

    BalasHapus
  183. Salam kenal mas dhony, mas dhony sy recana mau menghapus nama depan sy dengan nama baptis sy apakah bisa ? Kalo bisa prosedurnya bagaimana ? Apakah hrs lngsung ke pengadilan negri atau ke capil ? Jika mas dhony mau tolong jelaskan ke nomer hp sy 08121309xxx. Terimakasih atas bantuannya mas dhony.

    BalasHapus
  184. Bisa, untuk proses pergantian nama harus ke pengadilan negeri.
    Silahkan ajukan surat permohonan ke PN setempat, contoh suratnya tinggal download aja di lampiran diatas.
    mengenai biaya dan prosesnya juga cukup jelas bukan.
    semoga lancar ya. trims sudah mampir.
    NB: sy hapus aja no hp-nya biar ngga kena spam jahil.
    - sorry sy balasnya malem, ngga enak kl sms.

    BalasHapus
  185. Salam kenal, Pak Dhony. Saya juga ada masalah dengan pencetakan nama nih dan berencana untuk ganti nama. Namun, kasusnya sedikit ribet. Mohon saran dari Bapak ya.

    Waktu lahir, orang tua saya memberi nama CHRISANT RAISHA HSP tapi di akte, penulisannya salah jadi CRISANT RAISHA HSP. Hanya beda tidak ada H pada nama CHRISANT.

    Seterusnya, beberapa dokumen resmi seperti Ijazah (SD-SMA) dan paspor, pakai nama CRISANT RAISHA HSP. Namun, di KTP dan setiap sertifikat, saya pakai nama CHRISANT RAISHA HSP.

    Saya baru lulus kuliah dan perbedaan nama ini jadi masalah ketika mau menerbitkan ijazah S1. Kalau saya insist untuk menggunakan CRISANT, saya takut nggak sama dengan dokumen lain seperti KTP dan Sertifikat. Tapi kalau pakai CHRISANT, saya takut nggak sama dengan ijazah lainnya. Soalnya menurut teman-teman saya, hal ini bisa sangat dipermasalahkan ketika melamar pekerjaan.

    Menurut Bapak, solusinya gimana ya? Mengingat penerbitan ijazah S1 tinggal januari awal, apakah saya harus buru-buru ganti nama di pengadilan/catatan sipil? Atau saya biarin aja nama saya jadi CRISANT di ijazah S1 sehingga sama dengan ijasah lainnya.

    Nah, kalau saya semua ijazah saya (SD-s1) dengan nama CRISANT, apakah saya nanti harus memproses ganti nama juga untuk KTP dan dokumen lainnya?

    Kalau saya pribadi lebih sreg dengan nama CHRISANT, mengingat demikian yang diberikan orang tua.

    Menurut Bapak, gimana ya solusinya dan bagaimana prosedur pengurusannya yang tepat.

    Trims Pak,

    Salam

    BalasHapus
  186. Salam kenal juga,
    Kl menurut saya sih lebih baik memakai nama CHRISANT saja.
    Jd untuk ijasah s1 juga lebih baik pakai nama tersebut.
    Nah untuk dokumen lain yang berbeda, silahkan diurus mulai sekarang.
    Mulai dari akta kelahiran, pasport, kemudian ke ijasah SD s/d SMA.
    Untuk proses perubahan tersebut, tidak perlu melalui pengadilan.
    Cukup datang saya ke instansi yang terkait dgn menunjukkan dasar perubahan atas nama tersebut.
    misal untuk akta kelahiran silahkan diubah di capil, sedang kan untuk ijasah2 datang saja ke sekolahnya.
    demikian semoga sukses ya. trims

    BalasHapus
  187. asslm,
    mas dhoni saya mw tanya, kalau ingin merubah nama "muhamad" menjadi "moh." karena ijazah saya mulai SD-D3 memakai "Moh" itu prosesnya langsung ke capil atau harus lewat pengadilan. saya juga minta pendapat dari mas dhony kalau saya jadi merubah nama itu apa sebaiknya memakai "mohammad"(sesuai dg paspor) atau "moh." (sesuai dengan ijazah, kk, ktp).
    mohon penjelasannya terima kasih.
    wasslm

    BalasHapus
  188. walkslm..
    kalau menurut saya sih ini masih termasuk koreksi nama,
    jadi kecapil aja dulu dengan membawa paspor sebagai dasar perubahannya.
    pakai nama mohammad aja, soalnya "moh." kan singkatan.
    supaya kedepannya aman.

    BalasHapus
  189. Siang pak,sy mau tanya, buku nikah saya salah nama tidak sesuai dgn KTP & dokumen lainnya, bagaimana cara merubah/ merevisi nama dibuku nikah saya? Saya menikah th 2006(8 th) yg lalu

    BalasHapus
  190. Mas Dhony mau tanya, kalau mau urus revisi nama seperti mas Dhony kasusnya. Apakah hrs minta/ada surat pengantar dr RT ? atau bisa langsung ke kelurahan ? Kebetulan waktu terbatas dr luar kota. terima kasih sebelumnya.

    Maaf comment yg sblmnya banyak salah ketik. Infonya sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  191. kl revisinya bisa saja mba,
    langsung aja ke kekelurahan minta surat permohonan ganti nama, trus ke capil untuk dicetak baru kk-nya.
    selanjutnya untuk membuat ktp baru, tentunya harus ada pengantar.

    BalasHapus
  192. buat aja surat permohonan perubahan nama,
    trus ajukan ke KUA
    ntar akan diterbitkan buku nikah duplikat yg sama dgn aslinya.

    BalasHapus
  193. Pak saya mau bertanya. Nama saya di semua dokumen seperti ijazah, ktp, kk, sim, stnk dll bernama ANDRIYANI. Lalu sekarang saya mau menghapus huruf I sehingga menjadi ANDRIYAN, dikarenakan saya minder karena saya berjenis kelamin laki-laki sedangkan nama saya nama perempuan.

    Lalu untuk merubah nama itu harus ada dasar nya, sedangkan saat ini saya belum memiliki Akta kelahiran, kalau menggunakan ijazah, ijazah SMK saya juga mau diganti. Apa saya harus menutup huruf I pada ijazah menggunakan tipe-x, lalu di fotocopy dan dibawa ke rt sebagai dasar perubahan nama ?

    Saat ini saya sedang kuliah, dan menggunakan nama ANDRIYANI, dan ingin dikoreksi juga, kalau misalkan nanti ijazah S1 saya menjadi ANDRIYAN, dan digunakan sebagai dasar perubahan nama, itu terlalu lama bagi saya, karena saya baru semester 3.

    Mohon bantuannya pak. Terima kasih.

    BalasHapus
  194. sebaiknya jgn menggunakan cara yg melanggar hukum seperti menghapus huruf di ijasah dgn tipe-x.
    saudara adriyan bisa menggunakan acara keagamaan untuk merubah nama.
    seperti dalam agama islam ada selamatan pergantian nama dengan tujuan tertantu.
    nah, dari acara tersebut bisa dibuat sebuah surat pernyataan yang ditandatangai ustadz & saksi2 yang mengikuti acara tersebut.
    surat pernyataan tersebut bisa digunakan untuk dasar di pengadilan nantinya.
    demikian saran saya, semoga bisa diikuti.
    trims sudah singgah.

    BalasHapus
  195. Assalamu'alaikum. Wr. Wb.
    pak, saya mau tanya, saya punya permasalahan dengan nama saya.
    nama saya di kartu keluarga, KTP, dan catatan sipil adalah Deni Waruwu (dengan 1 huruf n), sedangkan nama saya di ijazah dari ijazah SD, SMP, SMA, smpai Sarjana adalah Denni Waruwu (dengan 2 huruf n).
    bagaimana solusinya pak..?
    jika saya ingin merubah nama, nama manakah yg harus saya ikuti dan bagaimana prosedurnya.

    sebelumnya saya sangat berterima kasih atas bantuannya.

    BalasHapus
  196. rahma mayang sari9 Januari 2015 03.43

    Maaf pak , saya ingin bertanya, nama dan tempat lahir saya kan di ktp dan kk salah, yg bnar itu di akte dan ijazah sy dr sd-smk , apakah bisa memprrbaiki dua duanya bersamaan? Tp akte asli sy sudah tdk ada, krna wktu itu tmpt ortu sy terbakar, jd akte jg kebakar, cuma ada fotpcoppiannya doang, itu gmna pak? Mohon bgt di jawab, sy btuh informasi nya

    BalasHapus
  197. nah, bisa sekalian aja tuh.
    datang ke kelurahan untuk minta formulir perubahan data.
    trus datang ke capil untuk dicetak kk baru sama sekalian urus akta lahirnya.
    ntar kalu 22nya udah kelar baru urus ktp seperti biasa.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel