Gerai Samsat - Perpanjang STNK

Seperti janji saya pada artikel sebelumnya, akhirnya hari ini saya telah berhasil memperpanjang stnk di Gerai Samsat mall Samarinda Central Plaza. Sebenarnya sih saya ingin mencoba yang bis samsat saja, tapi karena sekarang sudah tanggal 10 dan akhir masa berlaku stnk saya besok, maka saya putuskan melakukan apa yang sudah saya persiapkan sebelumnya yaitu perpanjang di mall. Lagian sekarang bukan hari kerja, jadi saya rasa akan nyaman – tidak penuh – untuk sekalian cuci mata gitu :) . Ok dah mari saya ceritakan saja pengalaman baru ini. Moga aja tahun depan bisa pake cara online atau drive thru.

Berbekal pengalaman sebelumnya, saya pun mempersiapkan persyaratan perpanjangan stnk. Adapun syaratnya yaitu:


  • STNK Asli

  • Foto Kopi Surat Tanda Nomor Kendaraan yang akan diperpanjang satu kali.

  • KTP Asli yang sesuai identitas di STNK

  • Foto Kopi KTP sesuai identitas STNK



Selain persyaratan tersebut tentunya ada satu hal lagi yang harus dibawa, yaitu duit buat perpanjang stnk. Nah untuk biaya ini saya kira-kira saja, walaupun berdasar pengalaman sebelumnya akan sama seperti yang tercantum dalam stnk. Jadi kalau di stnk ditulis 177ribu 5ratus, saya bawa 200ribu. Tujuannya buat jaga-jaga kalau ada kenaikan tarif pajak. Setelah persyaratan saya dapatkan semua, sayapun segera ke gerai samsat di mall SCP. Kalau berdasar informasi dari koran, layanan perpanjangan stnk ini dari buka mall sekitar jam 11 pagi sampe jam 9 malam. Tapi saya berangkat pukul 12 siang, soalnya sekalian ngantor euy :) . Tapi ternyata sekarang jam pelayanannya beda dgn yg disebut dalam koran, untungnya saya datang pas jam pelayanan.



Sesampainya didepan kantor samsat di scp ini saya berpapasan dengan dua orang yang baru saja keluar. Dengan wajah sumringah, mereka bercanda. Plus karena pintu kantornya yang dari kaca, saya bisa melihat bahwa tidak ada satu orangpun yang sedang mengantri. Hal ini saya artikan positif dan menambah percaya diri saya untuk segera masuk dan mengurusnya.



Didalam kantor sayapun langsung duduk untuk mempersiapkan persyaratan yang akan diserahkan. Setelah siap, saya taruh berkas persyaratan saya tersebut didalam keranjang kecil di loket pendaftaran. Tidak lupa saya bilang “daftar perpanjangan stnk pak” ke petugas yang berada dibelakang loket tersebut. Bukan kenapa-kenapa sih, tapi kalau kita duduk diruang antrian, dan diam saja kita ngga bakal bisa melihat petugas tersebut. Begitupun sebaliknya, petugas yang ada dibelakang loket juga tidak bisa melihat kita yang sedang duduk di ruang tunggu.

Beberapa detik kemudian nama saya dipanggil. Saya menuju loket dan diberitahu bahwa biaya perpanjangan stnk ini senilai 179ribu. Wah, kalau begitu tidak ada kenaikan dan sayapun membayarnya. Begitu kembalian uang saya diberikan, STNK yang barupun langsung diberikan bersama KTP Asli saya yang tadi dijadikan syarat. Cepet banget kan!!! Saya rasa ga sampe satu menit tuh urusan kelar.

Sebagai bonus dari kelebihan uang Rp. 1.500 dari 177ribu 5ratus menjadi 179ribu itu, adalah saya mendapat plastik pembungkus stnk.  Saya kira, saya mendapat plastik ini karena saya ngasih stnk asli itu ngga pake plastik. Jadi saya kasih begitu saja 2 lembar stnk yang bolak balik itu. Ini juga berdasar pengalaman di samsat terdahulu. Bila saya kasih bersamaan dengan plastiknya, maka diloket pengambilan stnk jadi pasti udah ngga ada plastiknya. Padahal kalo beli di warung fotokopi samsat itu harganya kalo ga salah ingat sepuluhribuan.



Sekarang kesimpulan yang saya dapat dari memperpanjang stnk di mall scp ini. Ada perbedaan diantara mengurus di kantor samsat kesuma bangsa (entah apa sebutannya, mungkin pusat ya), dengan mengurus di gerai mal samsat mall scp. Perbedaannya adalah formulir isian. Kalau di kantor samsat pusat, kita masih harus mengisi formulir walau memang yang diisi itu hanya sedikit. Hal ini mungkin yang menyebabkan ngurus di samsat pusat sampai 10 menitan baru jadi. Kalo di mall kan udah baca sendiri, tinggal naruh persyaratan dikerjanjang; bayar; langsung jadi dah.

Ok dah, saya udah ceritakan pengalaman terbaru saya ini. Moga pengalaman perpanjang stnk di gerai samsat ini dapat menjadi inspirasi buat sobat sekalian :) .

59 Komentar untuk "Gerai Samsat - Perpanjang STNK"

  1. Trims infonya sangat bermanfaat.

    BalasHapus

  2. samsat samarinda online

    apa kah bisa memeperpanjang stnk plat berau di samarinda

    BalasHapus
  3. Wah, ngga tau gan. Mungkin nanti ada yang bisa jawab lewat form komentar ini.
    *yang lain, bantuin njawab*

    BalasHapus
  4. Selamat sore Pak,
    ada yang mau saya tanyakan....

    saya kredit mobil. nah pas bulan 8 tahun 2011 kmrin sudah waktunya perpanjang STNK & ganti plat nopol.
    saya ke kantor samsat yang ada di wil tmpt tinggal saya.. sya sudah lunasi semua biaya adm dan persyaratan..
    tapi sampai sya posting disini belum selesai pengerjaannya... sedangkan bulan 8 tahun ini sudah bayar pajak tahunan. saya sempat tanyakan ke petugas samsat kenapa lama, katanya ada data yang diblokir jadi proses terhambat awalnya plat nopol saya berkepala 2 dan mau diganti jadi kepala 1. BPKB masih di lesing, kmren mengurus pake surat keterangan bahwa masih kredit. saya mengurus di Samarinda, sedangkan STNK terbit di Balikpapan. barusan saya kerumah petugas samsat, katanya saya disuruh ke Balikpapan ke kantor samsat pusat disana...
    sedangkan saya sibuk untuk keluar kota..

    bagamana menurut bapak?

    saya blm tau harus mengadu kemana tentang masalah ini, kebetulan ketemu blog bapak... sekalian curhat disini bolehkan!

    BalasHapus
  5. Ini yang namanya ketidakwajaran administrasi.
    Kemarin saya juga sempat mendapat masalaah yang sama.
    Walau objeknya beda, tapi tetap sama solusinya.
    Untuk masalah ini Bapak bisa adukan ke OMBUDSMAN.
    Silahkan ke www.ombudsman.go.id disana ada tatacara pelaporannya.
    Dijamin dah, ngga pake keluar rumah segala untuk mengurus masalah ini.
    Semua tindakan yg diambil ombudsman, kita akan diberikan tembusannya.
    Begitupun apabila masalah telah selesai.
    Jadi silahkan dicoba ya.
    trims :)

    BalasHapus
  6. ini mungkin maksudnya perpanjang pajak STNK ya? kalo perpanjang 5 tahunan itu bisa ga ya di sini?

    BalasHapus
  7. Yup, perpanjang taunan STNK.
    Untuk yg 5 tahunan, kayanya belum bisa.
    Soalnya kan langsung dengan Plat Nomor juga.

    BalasHapus
  8. kebetulan saya tinggal di medan,,, jadi saya baru beli mobil alamat jalan batubara no.08 sidodadi segiri samarinda ulu,,, kira kira kalau mau ngurus mutasi ke medan, ke samsat yang mana ya? atau kalu boleh saya minta no.telp.kantor samsat di sana,, makasih

    BalasHapus
  9. Sepertinya harus ke kantor samsat induk di Jl KH Wahid Hasyim I Samarinda tuh. Tp saya ngga punya no telponnya nih.
    Coba kontak 108 untuk menanyakannya ya.
    trims.

    BalasHapus
  10. habis baca ini saya langsung coba bayar melalui drive thru di jalan kusuma bangsa dengan persyaratan lengkap, proses memakan waktu sekitar 25 menit tanpa uang tambahan, tapi ada sayangnya klo boleh coment : loket tidak digunakan sebagaimana mestinya pengemudi harus parkir dulu baru antri bersama - sama dengan dgn pajak sepeda motor, diperparah lagi banyak yg persyaratanya ngga lengkap ( yg mau bayar minta dibantu petugasnya menolak jadi makan tambah lama lagi ) intinya Fasilitas Drive Thru tdk digunakan sebagaimana mestinya wal hasil lebih enak bayar di Mall atau di Bank Kaltim pake AC dingin lagi .....

    BalasHapus
  11. trims gan udah berbagi,
    pengalaman yg berharga nih.

    BalasHapus
  12. Bro kalo tanggal merah buka gak tuh ? Ini di samarinda kan

    BalasHapus
  13. Kayanya ngga dah.
    Besok aja, kecuali hari ini mau jjs ke scp biar sekalian coba2 :)

    BalasHapus
  14. kalo KTP fotocopy bisa ngga ya? masalahnya kmrn ane belinya seken..

    BalasHapus
  15. Beli seken? motornya seken maksudnya ya, bukan stnk-nya yg seken kan :D
    KTP asli disini hanya ditunjukkan, jd tergantung petugasnya.
    Mungkin bisa saja hanya melampirkan fotokopi KTP tanpa harus memperlihatkan yg aslinya.

    BalasHapus
  16. thnkz gan.. iya, kmrn beli motor seken di samarinda. cm posisi ane disamboja nih.. trus mengenai sistem online, kl plat motor ane samarinda trus byr pajaknya di samsat corner balikpapan berarti bisa kan? (biar lebih dekat gitu) . td sih niatnya mo telp samsat blikpapan mo nanyain, cm kata mbak operator blm kedaftar di telkom (hari gini...??)

    BalasHapus
  17. Nah itu masalahnya, ada yg bilang bisa tp tetap harus mengirimkan surat ke asal daerahnya.
    Dicoba aja dulu gan.
    Kalau mau nanya2, coba juga ke akun twitternya gan. Aktif tuh di: https://twitter.com/samsatbpn
    Ok gan. moga lancar urusannya.

    BalasHapus
  18. gAn kalo perpang stnk di mana ya saya dari jakarta timur samsat nya di mana ya

    BalasHapus
  19. alamatnya dimari gan:
    Unit PKB & BBN-KB Jakarta Timur Kantor Bersama Samsat Jakarta Timur,
    Jl. D.I. Panjaitan Kav. 55, Jatinegara, Jakarta Timur 13410
    (021) 8199849-52, 8199854

    BalasHapus
  20. Selamat siang mau tanya kalo perpanjang STNK bontang di samsat samarinda bisa gak yah

    BalasHapus
  21. kalau stnk, setahu saya bisa karena sudah online se-indonesia.
    yang belum online sim, jadi harus didaerah pembuatan untuk memperpanjangnya.

    BalasHapus
  22. saya mau tanya ,bisa pa gk mau ngurus arsip stnk,tp berkas bpkbnya da d madura,

    BalasHapus
  23. dicoba saja, saya sering ngurus stnk tanpa melampirkan fotokopi bpkb dan tetap dilayani.

    BalasHapus
  24. Kalo foto copy KTP Yg punya awal tidak ada gmn gan bisa gk

    BalasHapus
  25. Kl yg di STNK atas nama yg punya ktp skrg, tentu bisa. Kecuali sebaliknya.

    BalasHapus
  26. Gan , bs bantu kah, utk perpanjangan STNK yg diaman unit kendaraan ada di Kaltim tapi asal STNK di Jakarta dan mau di perpanjang STNK di Kaltim

    BalasHapus
  27. Samsat mana saja sy kira bisa, karena STNK sudah online jd tdk perlu harus ke daerah asal pembuatannya.

    BalasHapus
  28. mau tanya kalau pajak telat dari 1999, motor tangan ke 3, bpkb daerah paser, bisa gk ngurus di samarinda

    BalasHapus
  29. Persoalan pembayaran pajak STNK darimanapun sy kira bisa karena sistemnya sudah online. Masalahnya bila surat-menyuratnya berbeda nama.

    BalasHapus
  30. kalau beda nma prosesnya gmna, karna pemilik pertamanya sdah gk tau dmna

    BalasHapus
  31. akan sangat susah bila beda nama.
    silahkan datang ke samsat pusat setempat, dengan membawa:
    - bkpb
    - stnk
    - kwitansi / bukti jual beli
    - foto kopi ktp pemilik dulu dan sekarang
    bawa saja semua dokumen yang anda punya,
    akan dicek apakah ada laporan kehilangan kendaraaan tersebut.
    Bila tidak, maka tentu akan dibuatkan surat-surat barunya.

    BalasHapus
  32. Bos berapa Kira2 biayanya klo mau urus stnk hilang tpi bpkb ada terus pajak mati 2 tahun, unit strada triton 2008

    BalasHapus
  33. Kalau mau tanya2 biaya bisa ke Samsat Drive thru di Kesuma bangsa, pelayanannya cepat.

    BalasHapus
  34. Gan mau tanya kalau stnk pajaknya mati 3 thn gimana ya, katax ada toleransi benar gk ?? Dendanya jd brapa ya??

    BalasHapus
  35. Langsung ke Samsat saja gan, asal surat-menyuratnya lengkap, sy rasa aman.

    BalasHapus
  36. Permisi numpang penjelasannya, saya beli motor dgn empunya sblmnya asal kutai barat,terus klo utk memperpanjang /bayar pajaknya disamarinda bisa kh,trms sblmnya atas jawabanya

    BalasHapus
  37. Masi adakh samsat di scp ni skrg???

    BalasHapus
  38. STNK sekarang sudah online, jd bisa bayar dimana saja selama masih di Indonesia.

    BalasHapus
  39. Klau STNK dan plat mobil mati untuk proses perpanjangan ya brapa lama y

    BalasHapus
  40. Saya kira sama saja dengan perpanjangan STNK pada umumnya,
    karena otomatis akan keluar tagihan sesuai kapan matinya STNK dan plat tersebut.

    BalasHapus
  41. Saya punya motor supraX 125d th 2008 sudah 1 kali ganti plat pada 2013, setelah 2014 motor rusak dan tdk pernah diperpanjang stnk sampai sekarang selama 3 th. Kira2 berapa ya untuk menghidupkan kembali stnk dan denda selama beberapa tahun ini terima kasih atas tanggapannya.

    BalasHapus
  42. rumus ini mungkin bisa jadi referensi penjumlahannya:
    Total Biaya = PKB + SWDKLLJ + Denda PKB + Denda SWDKLLJ
    Denda PKB / tahun = 25% x PKB
    Denda PKB / bulan = (25% x PKB) / 12

    BalasHapus
  43. Klo mau gnti plat sama prpnjang stnk bisa aj kn gan tanpa bpkb soal kmren beli motor bpkbnya gk ad..

    BalasHapus
  44. bro saya di luar jakarta,tpi STNK saya di jakarta
    gimana ya caranya,bayar pajaknya
    tolong bro,soalnya bentar lgi pajak saya mau habis

    BalasHapus
  45. STNK sudah bisa bayar via atm BNI, alias bisa langsung bayar online.
    sehingga darimanapun asalnya bisa dibayar dimana saja.
    saya sih belum coba, soalnya baru bulan ini diluncurkan.
    beritanya sudah dimana-mana termasuk kaltim post.

    BalasHapus
  46. Rumus pajak kendaraan
    PKB + SWDKLLJ = pajak normal

    Cara penghitungan denda :
    Untuk denda keterlambatan PKB 1 tahun 50.000 dan perbln nambah 2%

    Dan untuk denda swdkllj itu 32.000 pertahun bertambah trs jika sudah jatuh tempo.


    Contoh :
    Sebuah kendaraan mati 17 hari dan pokok pkb 200.000 dan swdkllj 35.000

    Jawab :
    Pokok pkb + swdkllj = 235.000
    Denda perbln pkb 200.000 x 2℅ = 4000
    Denda keterlambatan pkb 50.000 + swdkllj 32.000 = 82.000

    Tinggal dijumlahkan saja semua
    235.000 + 4.000 + 82.000 = 321.000 yg di bayarkan

    BalasHapus
  47. Kalau perpanjang pajak tahunan aja bisa pak di samsat induk yg berada di samarinda karna di sana bisa online seluruh kaltim....kecuali pergantian plat itu di serahkan pada daerah masing2

    BalasHapus
  48. Kalo di kalimantan utara sudah bisa bayar pajak online kah

    BalasHapus
  49. Seharusnya bisa, silahkan datang kesamsat setempat untuk memastikannya.
    Tapi kalau maksudnya membayar pajak STNK melalui e-banking atau atm, saya rasa belum.
    DI samarinda, baru BPD KALTIM yang bisa kalau tidak salah.

    BalasHapus
  50. Motor saya sdh 5 th dan platbNomer Samarinda sedang saya domisili d bontang bisa gak d bayar di samsat bontang Dan pake atm bank kaltim

    BalasHapus
  51. bisa, karena samsat sudah online.

    BalasHapus
  52. Salam bang,
    Saya mau nanya bang,saya beli mobil second plat Balikpapan dan posisi saya seputar kab Paser Grogot,kira kira bayar pajak lewat Bank BPD Kaltim yg ada di kabupaten Paser /Grogot bisa gak ya? Tks sebelumnya bang

    BalasHapus
  53. harusnya bisa, kan stnk sekarang online

    BalasHapus
  54. Di scp lantai berapa ya gan...
    Mohon bantuan

    BalasHapus
  55. udah ngga ada lagi.
    samsat drive thru saja, cepat ngga sampe 5 menit selesai

    BalasHapus
  56. Mohon pencerahanx.gmn pengurusan perpanjangan STNK jika stnk n bpkb terbakar.tidak punya bukti apa2 lg dr kepemilikan kendaraan.

    BalasHapus
  57. pelayanannya ramah, cepat ,saya suka di sini gerai di SCP

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel