Mobil Pelayanan SIM Keliling

Info jadwal & lokasi pelayanan mobil SIM keliling ini saya peroleh resmi dari POLRESTA dan saya alami langsung lho. Saya dapatkan ketika hendak perpanjang SIM, tapi ternyata disana udah tutup. Lagian dulu, lima tahun sebelumnya ketika memperpanjang, saya mengurusnya disana. Pengen nyoba tempat lain ah untuk urus Surat Izin Mengemudi kali ini. Sesuai judul, SIM keliling lah tempat jatuhnya pilihanku.

Sekitar jam setengah dua belas siang *kalau ngga salah ingat, abis dari bank* saya tiba di kantor polresta samarinda, tiga hari yang lalu. Jangan ditanya dah kenapa telat datang jam segitu :). Karena sebelumnya sudah pernah mengurus SIM dikantor ini, segera saya datang ke loket pendaftaran. Eh, ternyata dapat jawaban yang ngga diharapkan. TUTUP. Mana cuma bisa ijin keluar siang hari ini aja lagi. Ya udah, sesuai dengan rencana cadangan, urus di mobil SIM keliling aja. OK, langsung aja saya cari informasinya yang kata Bapak tempat pendaftaran SIM tadi, papan pengumuman mengenai jadwalnya ada di lorong sebelah.

Seingat saya pernah melihat beberapa kali ntuh mobil parkir di dekat kantorku, jadi tinggal cari waktunya aja kapan dianya kesana lagi. Selain di kantor, sesekali mungkin pernah nangkring di perpusda juga kali ya. Ngga terlalu ingat. Biasalah, orang kalau ngga perlu selalu dilupakan. Pas mendadak perlu gini, barudah pusing sendiri. Ternyata informasi belum saya temukan di internet untuk wilayah samarinda. Makanya saya jadikan rencana cadangan. Jadi kalau di Polres ada masalah, entah ketinggalan syarat; antriannya panjang; atau kaya sekarang karena tutup; tinggal nyari info jadwal layanan mobil SIM keliling itu aja.

Kembali ke cerita semula, saya langsung menuju lorong yang dimaksud dan menemukan papan pengumuman tersebut. Setelah lihat-lihat sebentar, nah ketemu informasi jadwal dan lokasi SIM keliling ini:


  1. Hari Senin Jam 09.00 – 13.00 WITA => Pos Polisi Loa Janan Ilir Kelurahan Loa Janan Ilir

  2. Hari Selasa Jam 09.00 – 13.00 WITA => Halaman Kantor Lurah Rawa Makmur, Kecamatan Palaran

  3. Hari Rabu Jam 09.00 – 13.00 WITA => Simpang Tiga Kebon Agung Kelurahan Lempake

  4. Hari Kamis Jam 09.00 – 13.00 WITA =>  Simpang Empat Perum Korpri Kelurahan Loa Bakung

  5. Hari Jumat Jam 09.00 – 13.00 WITA => Simpang Tiga Bengkuring Kelurahan Sempaja Selatan

  6. Hari Sabtu Jam 09.00 – 13.00 WITA => Simpang Tiga King Road Kelurahan Bukit Pinang

  7. DIHAPUS

UPDATE :


ADUH.. ternyata jadwalnya dari pagi ampe siang semua, mana lokasinya jauh-jauh dari kota lagi. Gagal rencana cadangannya. Tapi, eh ternyata disamping pengumuman payanan mobil SIM keliling itu juga ada info tentang perpanjangan SIM melalui SIM CORNER. Oh iya, dulu kan saya pernah ngurus STNK di Gerai SAMSAT di mall SCP. Kenapa dari tadi ga kepikiran kesana aja ya. Hedeh...




Setelah menyimak informasinya, cocok tuh soalnya buka ampe jam 8 malam. Entar sore aja dah kalo gitu abis pulang kerja trus mampir sekalian JJS :).  Syaratnya juga sama dengan SIM keliling, tinggal bawa KTP asli plus fotokopinya; foto 3x4; surat sehat; SIM aslinya; dan tentunya duit yang lupa berapa jumlahnya dulu waktu ngurus di POLRESTA. OK, ini dulu informasinya ya. Tentang bagaimana proses dan biayanya, silahkan simak di artikel saya selanjutanya tentang cara pembuatannya di SIM CORNER yang udah saya lakukan di MALL SCP kemarin. Di artikel tersebut juga dapat pembeharuan tempat sim corner ya.

73 Komentar untuk "Mobil Pelayanan SIM Keliling"

  1. Seharusnya judulnya jadwal & lokasi sim keliling kota samrinda kali ya :)

    BalasHapus
  2. Thank Untuk Infox.

    BalasHapus
  3. sami-sami, moga lancar urusannya. :)

    BalasHapus
  4. btw bisa tidak perpanjam sim di samarinda tapi SIM dari sulawesi

    BalasHapus
  5. kalau tujuannya agar dapat dipakai di sulawesi lagi, jawabannya tidak.
    tapi kalau mau sim tersebut berlaku disamarinda, mungkin karena sekarang menetap disamarinda, maka harus meminta agar data-data sim kita dikirim ke polres samarinda. Dengan begitu, kita bisa membuat sim baru dan terus memperpanjangnya di samarinda.
    moga menjawab pertanyaannya ya.

    BalasHapus
  6. kalo perpanjang stnk kukar di samarinda bisa gak kan jauh kalo mesti bolak balik tenggarong samarinda

    BalasHapus
  7. perpanjang yg 1 tahuan ato 5 tahuhan nih?
    Kl yg 1 tahunan sih, kata yg disebelah bisa.
    kl yg 5 tahunan, mesti ada berkas yg dikirim dulu.

    BalasHapus
  8. mas. sim corner di SCP udah tutup ya

    BalasHapus
  9. Iya, tutup sementara dari bulan mei kemarin karena ada gangguan jaringan.
    etah sampai kapan perbaikannya.
    yang jelas karena sim corner tutup sementara, jadinya bis sim keliling sementara menetap juga di mapolresta jl bhayangkara samarinda.

    BalasHapus
  10. jadwal mobil sim kelilingdi di pal lima simpang tiga ring road kan hari sabtu nah apabila hari sabtu tersebut tanggal merah apa tetap buka ?

    BalasHapus
  11. jadwal mobil sim keliling hanya di hari kerja saja,
    jadi kl tanggal merah ya mereka ikut libur.

    BalasHapus
  12. Di SCP klo mo prpanjangan STNK masih bisa kh ?

    BalasHapus
  13. sepertinya masih, saya tidak pernah lagi liat2 kesana.
    kalau mau lebih cepat dan mudah, via samsat drive thru aja.
    5 menit jadi.

    BalasHapus
  14. Perpanjang sim skrg jdnya dimna ya? Biasa ke sim corner yg robinson. Mohon infonya ya

    BalasHapus
  15. iya, pengumuman didepan gerai sim di robinson menyebutkan pindak ke polresta sungai kunjang.

    BalasHapus
  16. Trus kena denda berapa gan klo udah manti 1 thun or 2 tahun

    BalasHapus
  17. Ela Ardiyanti6 Maret 2016 03.34

    Kalau misal perpanjangan sim tapi orangnya lagi di luar pulau, dan yang menguruskan berbeda orang tapi hanya membawa persyaratan2 itu saja apa bisa?

    BalasHapus
  18. kalau berbeda orang akan susah, karena salah satu syaratnya sipemilik sim akan difoto.

    BalasHapus
  19. Perhitungan Denda PKB: 25 % per tahun
    Terlambat 3 bulan = PKB x 25% x 3/12
    Terlambat 6 bulan = PKB x 25% x 6/12
    Denda SWDKLLJ : besarnya Rp 32.000 untuk roda 2 dan Rp 100.000 untuk roda 4.

    Contoh: Anda punya sepeda motor dan terlambat bayar 6 bulan. Jumlah PKB tertera di STNK Rp 232.000 dan SWDKLLJ Rp 35.000. Maka Anda dikenakan denda keterlambatan sebesar (Rp 232.000 (PKB) x 25% x 6/12 ) + Denda SWDKLLJ (Rp 32.000) = Rp 61.000.

    Sehingga, total yang harus dibayar sebesar adalah Rp 232.000 (PKB) + Rp 35.000 (SWDKLLJ) + Rp 61.000 (denda) = Rp 328.000.
    source: www(dot)otomania(dot)com/read/2015/05/04/110500630/Cara.Menghitung.Pajak.dan.Denda.STNK

    BalasHapus
  20. Sim corner SCP masih buka min?

    BalasHapus
  21. ngga, sekarang dipolresta sunggai kunjang.

    BalasHapus
  22. Kalo sim keliling Kecamatan Palaran, Kelurahan Rawa Makmur,, itu dekat mana ya Gan..?? D'palaranNya kh atau d'mangkupalasNya yaa..

    BalasHapus
  23. Untuk memper panjang sim apa persyaratannya

    BalasHapus
  24. sekarang jadwal sim keliling tersebut selalu berbah-ubah,
    yang update silahkan baca di koran sapos atau kaltimpos.

    BalasHapus
  25. sim lama, fotokopi ktp dan surat keterangan sehat.

    BalasHapus
  26. Saya sdh 1 minggu mau perpanjang sampe tapi sampai sekarang belum dapat pelayanan, pelayanan Sim di samarinda tambah payah, masyarakat sangat antusias utk tertib lalu lintas, tapi perpajang sim aja sangat susah, sim mati melanggar, ditilang, mana pelayanannya.

    BalasHapus
  27. Maksudnya belum dapat pelayanan itu gimana? Mobi sim keliling nya ngga ke lokasi Anda kah?

    BalasHapus
  28. Mas atau mbak, saya mau tanya ni. Kalau hari selasa pelayanan sim keliling samarinda dimana tempatnya ya? Kalau sim luar pulau bisa di perpanjang di samarinda kh? Terima kasih

    BalasHapus
  29. sekarang mobil sim keliling sepertinya selalu berubah jadwalnya,
    untuk pastinya lebih baik dilihat pada pengumuman di koran setempat.
    Kemudian untuk perpanjang sim, setahu saya masih belum bisa karena belum online.
    berbeda dgn stnk yang sudah online seluruh indonesia.

    BalasHapus
  30. Siang gan mau tanya td sy mau perpanjang sim di scp kok bilang securityx sdh tutup 1 tahun yang lalu ya,apakah agan tau dimana pindah sim corner di scp ?

    BalasHapus
  31. Selamat malam mas Dhonny, saya mau tanya, kalo mau perpanjangan SIM itu Kan dengan membawa SIM lama dan KTP. Tapi masalahnya beberapa bulan yang lalu saya sudah melakukan ganti nama belakang saya di pengadilan. Dan skarang KTP saya sudah nama yang baru. Sekarang gimana yah mas kalau saya mau perpanjangan SIMnya? Apakah bisa diperpanjang atau harus bikin baru??? Terima kasih.

    BalasHapus
  32. Setelah di scp Pindah ke Samarinda plaza/robinson, tp skrg sepertinya sudah dipusatkan ke polres yg di sei. Kunjang.

    BalasHapus
  33. Sama halnya ketika memperpanjang SIM yg berbeda alat rumah, perpanjangan SIM yg berbeda nama karena ada perubahan data berdasarkan putusab pengadilan juga tidak perlu melalui proses pembuatan SIM baru atau harus tes lagi. Jadi cukup datang dgn membawa persyaratan standar dan ditambah dgn putusan pengadilan tersebut, tentu cukup untuk data memperpanjang SIM.

    BalasHapus
  34. Di scp sampe jam 2 siang aja bukanya., samsat jam 3 sdh tutup.., gimana klo gak sempat ngurus sebelum jam segitu.., memang ada yg buka sampe sore atau malamkaa..?? Info donk

    BalasHapus
  35. Pagi gan... mau tanya saudara saya ternyata simnya mati sejak tgl 16 juni 2016.. itu harus ngurus baru kah gan.. atau masih bisa diperpanjang.. dia mau ngurus kmrin2 tapi masih diluar kota.. mksih gan..

    BalasHapus
  36. Resiko bagi kita yg bekerja shift pagi terus dgn jam kerja yg berbarengan dgn jam pelayanan, ya satu-satunya jalan minta ijin beberapa jam untuk mengurus hal tsb. Skrg tidak ada yg buka sore ataupun malam.

    BalasHapus
  37. Sim yg sudah mati walaupun cuma beda 1 hari, tetap harus mengurus SIM baru alias tidak bisa diperpanjang.

    BalasHapus
  38. Malam pak dhony, saya mau tanya. Bagaimana prosedurnya jika ingin perpanjang SIM tp nama di SIM lama dan eKTP baru berbeda (beda di nama depan, utk SIM dicantumkan nama baptis sdgkan akta dan ktp tidak), fyi eKTP dan akta lahir sama. Apakah harus ke kelurahan mnt form perubahan nama?ato langsung ke sim corner dg membawa akte dan eKTP yg baru? Trimakasih atas respon nya

    BalasHapus
  39. Maksud saya agar SIM sama dg eKTP, akta juga KK.

    BalasHapus
  40. permisi numpang tanya. perpanjangan sim 1 tahun sekali atau 5 tahun sekali ? soalya ane bingung ni

    BalasHapus
  41. Pak untuk SIM keliling dijln jakarta loa bakung klo dari arah simpang 4 pasar kemuning arah kmn lagi tu Pak?
    Mksd Ane letak posisi Mobil SIM kelilingnya.

    BalasHapus
  42. Pelayanan Pembuatan SIM sngat trbantu dgn adanya Pelayanan SIM Keliling, cuma kenapa kuota nya 35 org pendftar pertama aja yg bs bikin SIM, sdgkàn jadwal dari jam 9.00 s/d 13.00 dtg jam 8.00 pagi sdh tutup dan di suruh dtg lagi bsk lbh pagi di jam 6.00, sdgkan antusius yg antri lbh 50 org, seharus nya dgn brtambah pengunjung makin dìtambah tempat pelàyanan nya, bukan razia nya ... SIM kan kewajiban pengendara bermotor mohon di bantu kemudahn pelayanan nya, Pelayanan yg baik adalah mengerti kmudahn dan knyamann konsumen, baik dari wàktu, tempat dan cara bayar nya

    BalasHapus
  43. Tidak perlu ke kelurahan untuk proses perpanjangan SIM. Silakan bawa saja e-KTP tersebut sebagai persyaratan perpanjangan. Sim yg diperpanjang nanti akan menyesuaikan dgn e-KTP tersebut.

    BalasHapus
  44. Sim perpanjangan nya 5 tahun sekali. Coba dah lihat Mada expire SIM nya.

    BalasHapus
  45. Saya mau tanya bisa kah buat sim beda kabupaten.. saya dari Kutim mau buat sim di samarinda.. pakai e-KTP..

    BalasHapus
  46. Dwi novita sari20 November 2016 02.19

    Pak klo kita mau bikin sim C di samarinda tetapi ektp saya dari paser bisa kh pak.
    Mau ngurus ke grogot jauh & g cukup 1 hr.
    Sy sich asli samarinda, punya ktp paser sejak nikah tp tinggal & usaha sy disamarinda sm ortu.
    Mohon pencerahannya pak

    BalasHapus
  47. saya kira tidak bisa.
    bila hanya untuk sementara karena kuliah atau hal lainnya, baiknya membuat saja di kutim.

    BalasHapus
  48. Sepertinya tidak bisa, lebih baik buat ktp baru disamarinda.
    Sebab pengalaman rekan saya, sim masih belum online layaknya stnk.
    jadi pembuatanya harus sesuai domisili, kalau stnk dimana saja bisa perpanjang asal masih di indonesia.

    BalasHapus
  49. Moch. Soeryatsyah2 Desember 2016 19.40

    Mat siang pak Doni, mau tanya kalo mau perpanjang SIM tapi KTP saya dari Pulau Jawa (Jabar) bisa apa gak, soalnya skrg kan gak bisa bikin KTP lebih 1 kali, bagaimana jalan keluarnya?

    BalasHapus
  50. Sim sudah bisa online..

    BalasHapus
  51. Sim corner di mall scp apa msh ada ?

    BalasHapus
  52. Tinggalnya sementara saja? apa ngga ada niat merubah alamat di ktpnya?
    Kalau sifatnya mutasi artinya mau simnya berlaku di provinsi sekarang, harus ada surat mutasi dari asal daerah.

    BalasHapus
  53. sudah tutup, coba di sim keliling saja.

    BalasHapus
  54. Mau nanya.. Sim keliling itu tempatnya udh pasti ya. Atau bs berubah2. Trims

    BalasHapus
  55. selalu berubah, untuk pastinya silahkan lihat koran lokal seperti kaltimpost dll

    BalasHapus
  56. Kpn y ada sim keliling di samboja, krn tdk prnh ad info dr samboja, sim saya hbs msax sjak maret 2017 prpnjng atau mesti buat baru, sdngkn lokasi pngurusan sngt jauh dari salok api ke tenggarong g ckup mkn satu hari slsai .. proses yg pnjng,,sim kliling bsa tidak...mohon infonya, tidak aman tanpa sim, tolong d permudah

    BalasHapus
  57. Thomas Gunawan26 Juli 2017 19.16

    Selamat siang, boleh minta nomor Whatsapp atau nomor kontak nya mas Donny? Saya mau tanya sedikit tentang stnk. Kebetulan stnk saya bulan agustus tgl 11 abis masa pajak tahunan nya. Nah, stnk saya dan plat nomor saya itu adalah plat F alias bogor. KTP saya juga E-KTP bikin di bogor. Di samarinda ini saya kerja utk 3 thn, dan motor sudah di bawa ke samarinda. Pertanyaan saya : bagaimana cara perpanjang pajak tahunan nya? Apakah pajak tahunan pajak nya sudah bisa online?

    BalasHapus
  58. Langsung datang kekantor samsat saja Pak, untuk STNK sudah bisa diurus seluruh indonesia darimanapun kendaraan berasal.

    BalasHapus
  59. Kak @dhony pratama---kalau biayaa perpanjangan sim di SIM keliling berapa yaa...
    Mohon dibantu yaa kak...

    BalasHapus
  60. Maunya jadwal mobil sim keliling dijalan m.yamin hari apa dan jam berapa pak? Biaya pembuatan sim c skrg brapa ya pak

    BalasHapus
  61. jadwalnya selalu berubah2 ubah.
    untuk pastinya, silahkan lihat di koran saja.
    Untuk biaya pembuatan sim c masih RP. 100.000,-

    BalasHapus
  62. Mau tanya gan...
    perpanjangan sim c di mn ya...
    sim c aq sulawesi..
    tp ckrng di samarinda...
    mohon infonya..
    terimah kasih

    BalasHapus
  63. dipolsek sungai kunjang bisa,
    kalau mau cepat lebih baik pake mobil sim keliling.
    kabarnya tiap jam 6 pagi di taman samarendah ada hari senin-jumat.

    BalasHapus
  64. emmh mengecewakan eg semuanya mudah dan cepet lho, udah dipusatnya antrian panjang, di pelayanan Sim keliling di batasi padahal jam operasionalnya mulai jam 09.00 - 13.00 Wita, tp NYATAnya jam 8 udah ditutup, hanya minta formulir aja pun eg bsa ("klo sudah tutup ya tutup"), harus gm ya solusinya, supaya kerjaan eg terkendala hy untuk sekedar SIM (kewajiban pajak), klo qt melibur kerja kepotong incomne. !!?

    BalasHapus
  65. Edi kuswanto6 Maret 2018 05.14

    Mlam pak..mau tanya ini di bulan maret ini tanggal brpa ada sim kliling lg.. info nya pak..mksh

    BalasHapus
  66. maaf, untuk update tiap harinya bisa dilihat pada koran terbaru setiap harinya.

    BalasHapus
  67. SIM mati 2015 itu gimana? Apa hrs ngulang prosesnya pak.
    Seperti proses tes teori dan tes prakteknya?

    Terima ksh

    BalasHapus
  68. bener, walaupun mati satu hari saja.
    Harus mengulang proses dari awal.

    BalasHapus
  69. Hepy tri winarni12 Maret 2019 02.04

    Tolong kasih tau jadwal yg lengkap dan dimana alamatnya...

    BalasHapus
  70. Kapan sim keliling ke samboja.
    Soal nya tahun ini sim sya mati

    BalasHapus
  71. Maaf, baiknya liat dikoran jadwal updatenya.
    Karena tidak tentu tempatnya.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel