Perpanjang STNK cepat di Samsat Drive Thru

Samsat drive thru merupakan pilihan yang sangat saya rekomendasikan buat sobat yang ingin memeperpanjang STNK. Alasannya tidak lain karena kita semua pasti ingin secepat mungkin menyelesaikan perpanjangan STNK ini dengan cara yang mudah dan tanpa perlu harus membayar lebih dari yang seharusnya.

Saya ambil contoh diri saya yang saat tenggat pembayaran kena dinas pagi, akan meminta ijin berapa lama untuk mengurus STNK ini? Saya bilang 5 menit saja untuk mengurusnya. Ya untuk memperpanjang STNK sekarang tidak perlu lagi memakan waktu berjam-jam, apalagi sampai berhari-hari atau berminggu-minggu sebagaimana kalau lewat perantara. Bahkan berdasar pengalaman saya, tidak sampai 3 menit saya mengurusnya.



Saya baru pertama kali ini membayar lewat samsat drive tru, karena saya lebih terbiasa pergi kekantor samsat induk/pembantu. Pada saat inipun sebenarnya niat saya adalah ingin mencoba membayar di bis samsat keliling, tapi ternyata saya tidak menemukannya di lokasi yang dijadwalkan. Eh, ternyata saat saya lihat bus nya nangkring di pojokkan tempat samsat drive thru ini berada. Entah apa sebabnya, atau mungkin karena BBM naik kali yak :).



OK, untuk memperpanjang di samsat drive thru kita sebenarnya tidak perlu parkir ataupun turun dari kendaraan kita. Tapi kayanya masyarakat masih banyak yang belum paham, semuanya pada ikutan berdiri antri didepan loketnya. Tenang, antriannya jauh lebih sedikit daripada di kantor induk / pembantu. Yang jelas setelah tiba antrian saya, maka sayapun menyodorkan persyaratan perpanjangan STNK di loket 1 yaitu:

  1. KTP Asli yang punya kendaraan

  2. Fotokopi KTP yang punya kendaraan

  3. STNK Asli

  4. STNK Fotokopi

Seharusnya sih ada satu lagi syarat yang diberikan kepada petugas, yaitu BKPB asli dan fotokopinya. Tapi berdasarkan pengalaman di samsat pembantu, keempat syarat yang saya sebut diatas sudah cukup. Bahkan ada yang bilang kalau di drive thru, cukup memberikan KTP asli & STNK asli saja.

Setelah dicek petugas pada loket pertama, maka KTP asli kita akan dikembalikan dan kita diberikan STNK asli berserta fotokopi KTP yang distaples untuk dibawa ke loket 2. Setelah diserahkan ke petugas di loket 2 dan dicek oleh petugas tersebut, sang petugas langsung menyebut biaya yang harus saya bayar untuk perpanjang STNK. Saya dikenakan biaya Rp. 255.000,- yang seharusnya Rp. 254.700,-, anggap aja sisanya sedekah :).



Oh iya, biaya tersebut sebenarnya sudah termasuk denda keterlambatan selama lebih dari 2 minggu. Jadi kalau ada yang bilang di samsat drive thru tidak bisa membayar perpanjangan STNK yang terlambat, itu tidak benar. Jangankan 2 minggu, saya dengar waktu ngantri ada yang sampai 2 tahun baru bayar sekarang.

Setelah melalukan pembayaran, beberapa detik kemudian saya disodorkan STNK baru saya yang telah jadi. Beneran cepet banget lho, padahal petugasnya cuma 2 orang saja. Ngga sampe 3 menit sudah kelar urusan. Tapi ini diperuntukan perpanjangan 1 tahun saja ya, untuk perpanjangan 5 tahun maupun proses balik nama kendaraan tetap harus ke kantor samsat induk. Mengenai jam layanan, buka dari jam 08:00 s/d 14:00. OK, moga berguna artikel tentang perpanjangan STNK di samsat drive thru ini. Terimakasih.

28 Komentar untuk "Perpanjang STNK cepat di Samsat Drive Thru"

  1. kan gini mas saya mau tanya nih lebih pentingan mana nama sama tanggal lahir di ijazah apa nama sama tanggal lahir di KK mas ?

    soalnya saya bingung kalo misalkan saya lulus sekolah SMA terus saya masuk kerja nama ijazah dan tanggal lahir saya sama KTP saya beda mas. sedangkan saya KTP nya udah seumur hidup.

    lebih penting mana yang harus di rubah mas ?

    BalasHapus
  2. Penting yg di kk. Karena segala dokumen pengarsipan perusahaan didasarkan surat-surat yg diterbitkan pemerintah. Termasuk nantinya bekerja kemudian membuat bpjs yg digunakan data ktp dan kk.

    BalasHapus
  3. abdul aziz musthofa7 Oktober 2016 19.30

    Bro...mau nanya dong...saya pengen coba bayar pajak perpanjangan STNK tahunan, semua dokumen ASLI sudah siap, mulai dari KTP, STNK dan BPKB, namun nama yg tertera di ketiga dokumen tersebut menggunakan nama adik saya....apakah saya bisa melakukan perpanjangan pajak STNK, atau harus adik saya yg mengurus-nya ?

    Mohon Infonya bro...terima kasih

    BalasHapus
  4. Kl bayar pajak STNK, setau saya tidak masalah yg ngurus bukan pemilik.

    BalasHapus
  5. Numpang tanya gan kalau bayar di samsat drive thru memang ada biaya tambahan diluar yg tercantum di stnk kah?

    BalasHapus
  6. Pengalaman saya dibulan nopember 2016 ini sih tidak.
    kemarin kebetulan ada angka ganjil sehingga mungkin dibulatkan oleh petugasnya.
    Sedangkan tagihan motor saya bulan ini pas sejumlah 170 rupiah.

    BalasHapus
  7. mas mau tanyak klu seharusnya bayar pajak stnk itu trakhir tgl 23-12-2016 tp ini bru keinget tgl 07-01-2017 gmna ya cra byrnya apa hrus memperpanjang

    BalasHapus
  8. Iya, langsung perpanjang stnk saja.
    ntar ada biaya dendanya.

    BalasHapus
  9. kalau drive thru hanya untuk kendaraan yang lunas ya?
    yang BPKP nya gak ada (surat pengantar) bearti gak bisa ya?

    BalasHapus
  10. saya lihat, rata-rata pada praktiknya ngga pake bpkp.

    BalasHapus
  11. Layanan Drive thru itu apa harus orang yg namanya tertera di STNK yg mengurusnya atau bs diwakilkan? Karena sy beli motor tapi belum ganti nama STNK nya. Jd agak susah kalau harus org yg tercantum di stnk yg hrs datang.

    BalasHapus
  12. makasih infonya mas. good

    BalasHapus
  13. Harusnya begitu, nama yang tertera dan ngurus sama.
    Tapi pengalaman beberapa kali stnk saja yang dilihat, tanpa meminta bpkp ataupun ktp.

    BalasHapus
  14. Mas mau tanya klo bayar STNK harus ditempat beli atau kota sesuai plat nomor atau ngga? Maksudnya apa bisa dibayar dijakarta sedangkan plat nomornya Bandung?

    BalasHapus
  15. Bisa dimana saja, sekarang stnk sudah online jadi darimanapun bisa ngurus/bayar dimanapun.

    BalasHapus
  16. Bro kalau bayar pajak STNK
    Tapi motornya ngk di bwa
    Alias pake motor lain
    Ke samsat

    BalasHapus
  17. Tanya Mas,,,Disamsat Kukar Pajak 5 tahunan Bisakah layanin cek fisik bantuan...? krn kendaraan sy luar wilayah kukar..? trimksh ats jwbnya...ditgg..!

    BalasHapus
  18. kalau cuma perpanjang tidak masalah, karena tidak dilakukan pengecekan fisik kendaraan.
    tapi kalau mau perpanjang 5 tahum, wajib dibawa.

    BalasHapus
  19. Maaf mas izul, belum pernah menanyakan.
    Tapi setau saya stnk sekarang sifatnya nasional bisa dimana saja, jadi seharusnya untuk cek fisik juga bisa.
    Lagian pengecekannya sebentar dan antriannya sedikit.

    BalasHapus
  20. Kalau pake utk memperpanjang stnk pake ftocopi ktp pemilik mntor nya bisa gak mas soal nya saya beli belum balik nama.

    BalasHapus
  21. mo nanya bang,nama di STNK atas nama Almarhum Bapak saya,sedangkan KTP sudah diambil sama kelurahan,itu gmna ya cara ngurus perpanjang STNK.tks

    BalasHapus
  22. sepertinya bisa, karena ktp pemilik itu sebagai syarat bukan untuk sebagai alat crosscheck benar/tidak yang ngurus orangnya.

    BalasHapus
  23. Kalo plat d bayar di Samsat Jaktim Drive thru bisa gak

    BalasHapus
  24. sepertinya untuk pajak 5 tahun kendaraan penggantian plat harus diasal daerah, ngga bisa diluar.
    karena terkait pembayaran di pencetakan plat kendaraan tersebut.

    BalasHapus
  25. Pak saya mau bayar pajak yang ada STNK sama foto kopi ktp bpkb di lesing ktp asli gak ada bisa gak?

    BalasHapus
  26. pengalaman saya sampai tahun 2018 november kemarin bisa.

    BalasHapus
  27. Mas, kalau saya gak punya ktp asli dan fotocopy ktp nama yg ada distnk bagaimana? Soalnya belum balik nama.. Apa bisa menggunakan ktp saya sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terakhir saya memperpanjang STNK memalui Drive thru hanya memberikan STNK yang mau di perpanjang saja tanpa menyerahkan KTP. Jadi saya rasa bisa.

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel